Berita

Driver Online Jadi Petani, Audy Joinaldy : Ketahanan Pangan di Tengah Krisis Pandemi Bukanlah Hal yang Mustahil

Padang, BeritaTerkini.co.id – Calon Wakil Gubenur (Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy mengunjungi pertanian rumah tangga milik salah satu Anggota Komunitas Driver Online Kota Padang, Chandra, di Kelurahan Koto Nan Baru XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (20/10/20).

Chandra yang dulunya driver online mengaku banting setir menjadi petani rumahan dikarenakan wabah corona melanda. Tidak hanya dirinya yang terdampak pandemi Covid-19 ini, pendapatan para driver Kota Padang bekurang karena kesulitan mendapatkan penumpang.

“Corona membuat penghasilan para driver tidak menentu. Awalnya cerita dari teman membuat tertarik bertani belajar dari Youtube ,” jawab Chandra saat berbicang-bincang bersama Audy.

Perjuangan Chandra tidaklah mudah, 100 bibit cabai yang awalnya ia tanam. Sayangnya hanya 10 bibit cabai yang jadi berhasil tumbuh. Semangat dari orang terdekat membuat ia terus berjuang hingga membuahkan hasil.

“Motivasi dari istri dan teman-teman membuat saya terus mencoba. Alhamdulillah berbuah hasil,” kata Chandra.

Saat ini, hasil tani yang ia panen mampu memenuhi kebutuhan dapur rumah tangganya. Selain itu, hasil taninya dapat membantu driver lainnya sedang mengalami kesusahan.

Setelah banyak berbincang, Chandra yang mengunakan kaos berwarna merah memandu Audy untuk melihat tanaman holtikultura miliknya. Jenis tanaman yang ia tanami yaitu, cabai, tomat, terong dan tamanan jenis lainnya.

Melihat cerita dari Chandra, Audy sangat takjub. Audy mengatakan, ketahanan pangan ditengah krisis pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mustahil.

“Dengan melihat perjuangan pak Chandra. Saya harap masyarakat dapat menyadari ketahanan bisa dibentuk dari rumah induvidu tersebut,” tutur Pemimpin Lintas Agro Group yang bergerak di bidang pertanian ini.

Selain itu, untuk mengatasi ketahanan pangan ini harus adanya kerja sama antara masyarakat dan Pemerintah.

“Masyarakat yang membuka pertanian rumahan, nantinya Pemerintah akan fasilitasi benih atau bantuan sayur dan jangan sampai patah semangat harapan itu pasti ada,” lanjut Audy.

Usai kegiatan, Chandra mengajak Audy untuk menanam durian montong di belakang perkarangan rumahnya sebagai bentuk suburnya pertanian Sumbar kedepannya. (Robbie)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: