28, November 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Wakil Presiden Ma’ruf Amin : Memperkuat Kelembagaan Keuangan Syariah Di Indonesia.

2 min read

WWW.BERITATERKINI.CO.ID,
Ungkapan Wakil Presiden Ma’ruf Amin Sebagai upaya memperkuat kelembagaan keuangan syariah dan meningkatkan partisipasi Indonesia dalam perekonomian syariah global, pemerintah telah memulai proses penggabungan tiga bank syariah yang dimiliki oleh HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara).

Mergernya syariah baru ini diharapkan dapat beroperasi penuh pada Februari 2021 dan mampu bersaing secara kompetitif di tingkat global. Kebijakan ini saya sampaikan dalam Webinar Infobank melalui konferensi video.

Berkaitan dengan lembaga keuangan ultra mikro, pemerintah melalui Kementerian Sosial juga akan memperluas dan menambah pendirian Bank Wakaf Mikro yang akan melayani kalangan usaha kecil yang membutuhkan modal di bawah Rp 3 juta.

Baca Juga :  *Menteri PPN/Bappenas Berikan Tugas Khusus Untuk Duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan*

Sementara usaha kecil di atas Rp 3 juta akan dilayani Baitul Maal wat Tamwiil (BMT), Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) dan koperasi syariah.

Pemerintah juga akan menggerakkan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang ada di Kementerian Koperasi dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah yang ada di bank-bank syariah, untuk menopang baik untuk usaha mikro, kecil maupun menengah.

Baca Juga :  Wakil Presiden Bapak K.H M'ruf Amin Optimistis Semua Rencana Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah Jalan

Di sisi dana sosial, pemerintah akan berusaha mengkonversikan potensi dana sosial yang sesungguhnya dapat menjadi kekuatan finansial alternatif yang dapat menopang aspek fiskal.

Saya meyakini gerakan inovatif pengumpulan zakat, infak, shadaqah, dan wakaf apabila ditangani dengan serius dapat menjadi pilar kuat pelaksanaan program kesejahteraan masyarakat. (Red/Aj)

Penulis : Boy A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *