1, Desember 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Ngurah Ambara: Penting Memanfaatkan Data BPS Sebagai Acuan Pembangunan

2 min read

DENPASAR, WWW.BERITATERKINI.CO.ID- Data BPS sangat valid dan berdasarkan realita di lapangan sehingga sangat penting dijadikan acuan dalam memacu pembangunan.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Denpasar Eman Sulaeman saat menerima tokoh masyarakat Gede Ngurah Ambara Putra, dengan data yang valid sangat penting untuk mendukung kegiatan pembangunan.

Ngurah Ambara yang juga Calon Walikota Denpasar sengaja datang ke BPS, Jumat (13/11) ke Kantor BPS Denpasar untuk mendapatkan data yang terkait dengan program kerjanya ketika nanti terpilih sebagai Walikota Denpasar.

“Dengan data BPS, kita bisa memperbaiki apa saja yang perlu ditingkatkan dalam upaya peningkatan ekonomi maupun daya saing masyarakat Kota Denpasar,” ujar Ngurah Ambara.

Baca Juga :  Moeldoko Sebut Presiden Jokowi Akan Tambah 6 Wakil Menteri

Menurut dia, data-data yang dimiliki BPS sangat independen. Data inilah yang harus dilihat pemerintah daerah, kemudian mengambil potensi dari data tersebut.

Yang terpenting dari data itu adalah bagaimana pemerintah daerah menindaklanjuti, sehingga terjadi pemerataan pertumbuhan dan ekonomi masyarakat.

Sementara, Eman Sulaeman mengatakan di era pandemi ini, Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang paling bisa bertahan. “Selama ini, UMKM terlihat sudah bisa bertahan di tengah pandemi. Ini yang perlu didorong terus untuk meningkatkan daya beli,” ujarnya.

Baca Juga :  Ngurah Ambara Ngayah di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia

Ngurah Ambara menambahkan ke depan perlunya pendampingan dan modal kerja atau usaha di masa pandemi ini untuk menumbuhkan UMKM.

Lanjut dia, adanya upaya itu, maka ekonomi akan merata dan kesejahteraan akan meningkat. Berdasarkan data BPS saat ini secara de yure, jumlah penduduk Denpasar mencapai 651 ribuan, sedangkan de facto jumlahnya di atas 970 ribuan. (Red/AJ)

Penulis : Gustu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *