23, Januari 2021

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Sumbar Tumpah Darahku Harus Jadi Provinsi Yang Maju dan Termaju di Negeri Ini

3 min read

SUMBAR TUMPAH DARAHKU HARUS JADI PROVINSI YANG MAJU DAN TERMAJU DI NEGERI INI



Ditulis Oleh : Anwar Abbas
1. Warga Balaimansiro Dangung Dangung Kabupaten 50 Kota.
2. Pengamat Sosial Ekonomi dan Keagamaan.
3. Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.
4. Wakil Ketua Umum MUI Pusat periode 2020-2025.




Mudah-mudahan Sumatera Barat (Sumbar) di bawah pimpinan Buya Mahyeldi dan Audy Joinaldy akan lebih maju. Sebab ada ucapan orang-orang arif yang perlu kita perhatikan, ada yang mengatakan itu adalah ucapan Ali Bin Abi Thalib.

Ada juga yang mengatakan, itu hadis Nabi tapi beberapa ahli hadis mengatakan sanadnya lemah. Tapi meskipun demikian dari segi matan dan substansinya tentu sangat penting kita perhatikan. Di dalam ungkapan itu dikatakan bahwa barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik dari pada kemarin, maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang hari ininya sama dengan hari kemarin, maka dia adalah orang yang merugi. Dan barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek dari harinya yang kemarin maka dia terlaknat.

Oleh katena itu, Sumbar sudah selesai Pilkada dan Buya Mahyeldi dengan Audy Joinaldy sudah dinyatakan menang untuk jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Maka sekarang sudah tiba waktunya bagi kita masyarakat Sumbar atau Minang untuk bersatu bagi memajukan negeri. Ibnu khaldun seorang tokoh yang dianggap sebagai bapak sosiologi dunia menyatakan bahwa suatu masyarakat akan maju kalau masyarakat itu memiliki ashobiyah atau rasa kebersamaan dan atau rasa persatuan dan kesatuan yang kuat dan tinggi.

Untuk itu, bagi kemajuan Sumbar dan agar Sumbar benar-benar bisa kembali tampil di pentas Nasional, maka kita harus bisa menjadikan Sumbar sebagai Provinsi yang terbaik dalam segala segi dan sisinya di negeri ini. Untuk itu saya sangat berharap agar kita semua benar-benar mendukung Gubernur dan Wakil Gubernur ini dengan tulus dan secara bersungguh-sungguh. Di samping itu kita tentu juga benar-benar mengharapkan agar beliau berdua benar-benar kompak dan benar-benar bisa menjaga dan melaksanakan amanah ini yang sudah dibebankan kepada mereka dengan sebaik-baiknya. Kalau sebelumnya beliau hanya dipilih oleh pendukungnya, tapi dengan beliau sudah terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur maka semua orang yang memilih dan yang tidak memilih beliau harus beliau hormati dan beliau urus dan perhatikan.

Saya terus terang melihat dengan kepemimpinan baru ini, ada harapan baru yang bisa kita titipkan kepada mereka karena saya melihat kombinasi kedua tokoh ini sangat bagus dimana kita tahu Buya Mahyeldi terkenal dengan ilmu pertanian dan ilmu serta pemahaman keagamaannya yang cukup bagus dan mumpuni serta pengalaman beliau dalam mengurus pemerintahan yang cukup berhasil dibantu oleh Audy Joinaldy seorang anak muda. Sebagai Wakil, beliau yang dikenal sebagai seorang lulusan salah satu Universitas di Belanda yang sangat terkenal kehebatan dan kemajuannya di dunia dalam bidang agriculture dan beliau juga dikenal sebagai seorang pengusaha muda yang cukup berhasil terutama dalam bidang peternakan dan pertanian tentu ini benar-benar menjadi modal bagi beliau berdua untuk menggerakkan kehidupan sosial keagamaan dan kehidupan ekonomi masyarakat Sumbar.

Oleh karena itu, adakah sangat tepat bila kita sangat mengharapkan kedua beliau ini benar-benar bisa dan mampu menggerakkan potensi yang ada dan membuat masyarakat minang untuk benar-benar produktif sehingga setiap orang di Sumbar benar-benar bisa berkontribusi bagi kemajuan Sumbar dalam bidangnya masing-masing. Karena produk domestik bruto Sumbar tampaknya masih banyak berasal dari sektor pertanian dan peternakan dan mungkin juga perikanan maka tentu kita sangat berharap ilmu dan pengalaman kedua pasangan pemimpin ini sangat kita harapkan untuk bisa mereka artikulasikan secara maksimal bagi terciptanya kemajuan negeri.

Saya yakin dan percaya bila kita kompak dan bersatu maka Insya Allah Sumbar akan bisa menjadi buah bibir tidak hanya oleh orang yang ada di negeri ini tapi juga oleh masyarakat manca negara sehingga turis atau wisatawan dan para investor akan banyak yang tertarik untuk datang dan berinvestasi di Sumbar sehingga kita harapkan Sumbar dalam waktu 5 tahun ke depan sudah bisa naik kelas secara signifikan sehingga Provinsi Sumbar yang kita cintai ini akan bisa menjadi Provinsi yang di uswatun hasanahi oleh Provinsi-provinsi lainnya yang ada di negeri ini.

—Terimah Kasih—

Baca Juga :  Presiden : Yakinkan Indonesia Aman untuk Jadi Tempat Penyelenggaraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *