BeritaKab Pesisir SelatanSumatera Barat

Usai Tetapkan Perolehan Suara, KPU Pessel Siap Buktikan Keabsahan

Pessel, BeritaTerkini.co.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Selatan (KPU Pessel) menegaskan penetapan perolehan suara pasangan calon Pilbup di Pessel sudah sesuai dengan mekanisme dan peraturan dalam perundang-undangan.

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar menyatakan, siap membuktikan soal hasil perolehan suara yang telah ditetapkan pada Pilkada 2020, dan menjamin keabsahannya sebagai hasil pemilihan yang jujur dan adil (Jurdil) serta berjalan secara demokratis, Luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia).

“Intinya, kami siap membuktikan soal perolehan suara yang kami tetapkan,” ungkapnya pada Awak media di Painan, Sabtu (19/12/20).

Ia menjelaskan, sejauh ini terkait adanya dari Paslon yang meragukan hasil yang telah ditetapkan, dan menggunggat ke Mahkamah Konstitusi (MK) itu hal biasa sepanjang masih terpenuhi syarat formil dan materil serta bukti yang digugat.

“Silakan saja. Sepanjang syarat formil dan materil bisa terpenuhi, itu sah-sah saja,” terangnya.

Diketahui, Paslon dari nomor urut 1 Hendrajoni – Hamdanus mengajukan permohonan gugatan ke MK terkait hasil perolehan suara yang telah ditetapkan KPU Pessel.

Pada permohonan gugatan ke MK, Paslon petahana melalui Kuasa Hukum, Ardian, SH, MH, Rianda Seprasia, SH, MH dan Syamsirudin, SH, MH meragukan hasil perolehan suara yang ditetapkan KPU.

Dari perhitungan pemohon atau petanaha mengklaim, Rusma Yul Anwar – Rudi Hariyansyah hanya meraih 128.786 suara. Sedangkan pihaknya, Hendrajoni – Hamdanus 186.401 suara. Dedi Rahmanto Putra – Arfianof Rajab 10.673 suara, dari total 325.860 suara sah.

Sedangkan KPU Pessel menetapkan, perolehan suara Rusma Yul Anwar – Rudi Hariyansyah 128.922 suara atau 57,2 persen dari total 225.216 suara sah. Pasangan Calon Hendrajoni – Hamdanus 86.074 suara atau 38,24 persen dan disusul paslon Dedi Rahmanto Putra – Arfianof Rajab sebesar 10.220 suara atau 4,54 persen.



Reporter : Topit Marliandi

Editor : Robbie Pratama

Related Articles

4 Comments

  1. We’re a bunch of volunteers and opening a new scheme in our community.

    Your site offered us with valuable info to work on. You
    have performed a formidable task and our whole community shall be grateful to you.

  2. Good day! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.
    Is it tough to set up your own blog? I’m not
    very techincal but I can figure things out pretty
    quick. I’m thinking about setting up my own but
    I’m not sure where to start. Do you have any tips or suggestions?
    Many thanks

  3. Thank you for another fantastic article. Where else could anybody get that type of information in such an ideal way of writing? I’ve a presentation next week, and I’m on the look for such information.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: