BeritaNasional

“Syarat MA Tetapkan Kerugian Anak Perusahaan BUMN-BUMD Bukan Kerugian Negara”

JAKARTA – Beritaterkini.com.Menetapkan kerugian yang dialami anak perusahaan BUMN/BUMD dalam perkara korupsi bisa bukan menjadi kerugian negara. Lantas bagaimana ketentuannya?

Penetapan atau ketentuan ini merupakan satu bagian (poin 4) dari Rumusan Kamar Pidana yang ada dalam Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pemberlakuan Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar MA sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas Bagi Pengadaan.

MA menegaskan, ada tiga alasan kerugian yang terjadi di anak perusahaan BUMN/BUMD bisa disebut sebagai bukan kerugian negara. Masing-masing yaitu itu pertama, jika modal anak perusahaan BUMN/BUMD bukan berasal dari APBN/APBD. Kedua, atau modalnya bukan merupakan penyertaan modal dari BUMN/BUMD. Ketiga, anak perusahaan BUMN/BUMD tidak menerima atau tidak menggunakan fasilitas negara.

“Kerugian yang timbul pada anak perusahaan BUMN/BUMD yang modalnya bukan bersumber dari APBN/APBD atau bukan penyertaan modal dari BUMN/BUMD dan tidak menerima/menggunakan fasilitas negara, bukan termasuk kerugian keuangan negara,” bunyi poin 4 Rumusan Kamar Pidana SEMA Nomor 10 Tahun 2020, seperti dikutip KORAN SINDO dan MNC News Portal, di Jakarta, Minggu (3/1/2020).

Secara keseluruhan, Rumusan Kamar Pidana SEMA Nomor 10 Tahun 2020 terdiri atas lima poin. Empat lainnya yakni poin satu, dalam perkara tindak pidana perpajakan, majelis hakim selain menjatuhkan pidana penjara juga menjatuhkan pidana denda dengan jumlah dua kali atau maksimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari jumlah pajak yang tidak disetor atau diselewengkan oleh terdakwa.

Jika nantinya menjadi terpidana dan tidak membayar denda paling lama satu bulan setelah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap (inkracht), maka harta bendanya dapat disita jaksa dan dilelang untuk menutupi kekurangan uang denda tersebut. Apabila terpidana tidak memiliki harta benda yang mencukupi untuk membayar denda, maka dipidana dengan pidana kurungan paling lama 8 bulan yang diperhitungkan secara proporsional.

Poin dua, putusan hakim pidana yang amarnya menetapkan status barang bukti “dirampas untuk negara”, eksekusi tetap dilakukan oleh jaksa sebagai eksekutor sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, walaupun ada putusan pengadilan niaga yang menyatakan terdakwa dalam keadaan pailit. “Tiga, dalam perkara tindak pidana korupsi, pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti harus diperhitungkan/dikompensasikan dengan uang/barang yang telah disita/dititipkan dan/atau yang telah dikembalikan oleh Terdakwa kepada Penyidik/JPU/Kas Negara/Kas Daerah,” bunyi poin 3 Rumusan Kamar Pidana.

Poin lima, dalam menjatuhkan pidana, maka hakim tidak terikat pada penetapan terdakwa sebagai justice collaborator (JC) atau saksi pelaku yang bekerja sama yang dikeluarkan oleh lembaga penegak hukum lain yang bertentangan dengan ketentuan Angka 9 SEMA Nomor 4 Tahun 2011 jo huruf C.4 SEMA Nomor 7 Tahun 2012.

Diketahui, SEMA Nomor 4 Tahun 2011 mengatur tentang Perlakuan bagi Pelapor Tindak Pidana (Whistle Blower) dan Saksi Pelaku yang Bekerjasama (Justice Collaborators). Sedangkan SEMA Nomor 7 Tahun 2012 mengatur tentang Rumusan Hukum Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas Bagi Pengadilan.

Dikutip Dari : Sindo News.com
Editor : Kurnia

Related Articles

49 Comments

  1. Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your site is fantastic, as well as the content! Memorial Sign World. Welcome to MemorialSignWorld.com, your premier destination for heartfelt and personalized memorial products that beautifully honor the memories of your loved ones and cherished pets

  2. โอกาสและฤดูกาลยังเป็นปัจจัยสำคัญที่ต้องพิจารณาเมื่อเลือกน้ำหอม เวลาของวันและฤดูกาลสามารถส่งผลต่อการรับรู้กลิ่นหอมได้ สำหรับกิจกรรมในเวลากลางวัน กลิ่นที่เบากว่าและสดชื่นกว่ามักจะเหมาะสมกว่า ในขณะที่น้ำหอมที่หนักกว่าและเข้มข้นกว่าจะเหมาะกับงานตอนเย็นมากกว่า[3] ฤดูกาลนี้ยังมีบทบาทในการเลือกน้ำหอมอีกด้วย ตัวอย่างเช่น น้ำหอมกลิ่นคาราเมล วานิลลา และน้ำผึ้งเหมาะสำหรับฤดูหนาว[4] ในขณะที่น้ำหอมกลิ่นซิตรัสที่เบากว่าเหมาะสำหรับฤดูร้อนมากกว่า[5][6] อย่างไรก็ตาม ความชอบส่วนตัวควรเป็นสิ่งที่สำคัญที่สุดในการพิจารณาเลือกน้ำหอมสำหรับโอกาสหรือฤดูกาลที่เฉพาะเจาะจง

  3. When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get several e-mails with the same
    comment. Is there any way you can remove me from that service?
    Thanks a lot!

  4. Looking for a new signature scent? Picking the perfect perfume https://ceresaperfume.com requires some thoughtful consideration! Start by understanding your preference- floral, citrus, woody, or spicy. Head to a store and don’t rush: Smell a few, take a break, then revisit your favorites. Your nose can get overwhelmed, so don’t try more than 5 scents in one day! Also, remember perfumes can smell different on everyone due to body chemistry. To determine how it actually smells on you and how long it lasts, apply on your wrist and let it sit for a few hours before deciding. Happy sniffing! #perfume #beautytips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: