BeritaNasional

Satgas BPI KPNPA RI Anti Pungli Tipikor Dan Mafia Tanah Akan Di Bentuk Korwil Di Tiap Propinsi

Tangerang Selatan – Beritaterkini.co.id. Tepat Di hari Besar Imlek,Sabtu 13 Februari 2021, Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) akan membentuk Korwil Satgas Anti Pungli Tipikor dan Anti Mafia Tanah di tingkat Propinsi untuk backup BPI KPNPA RI Wilayah.

Hal ini ditegaskan ketua Umum BPI KPNPA RI Tubagus Rahmad Sukendar, S.Sos., SH. di gedung BPI Tower Tangerang Selatan pada Sabtu 13/02/2021.

Menurut TB Rahmad Sukendar, Dirinya sudah memperhatikan hampir dua tahun lama nya, banyak BPI KPNPA RI tingkat Propinsi yang tidak berjalan efektip sehingga tidak ada laporan kegiatan maupun program kerjanya selama 2 tahun ini di BPI KPNPA RI propinsi.

Dan atas arahan dari Ketua Pembina Drs Erwin Charara Rusmana SH.MH untuk segera evaluasi terkait cakupan kinerja BPI KPNPA RI pada hari Jumad 12 Februari 2021 diadakan rapat terbatas dihadiri Ketua Dewan Pengawas DR. Bambang Usadi MH.MM, Ketua Umum Tubagus Rahmad Sukendar S.Sos.SH, PLT Sekjen Misradi SH.

Dan mendapatkan hasil yang di ambil antara lain beberapa keputusan yaitu dengan dibentuknya Korwil Satgas Anti Pungli Tipikor & Anti Mafia Tanah yang dibentuk untuk memberikan laporan langsung kepada BPI KPNPA RI terkait dengan tidak berjalan program-program yang telah dibuat BPI KPNPA RI baik dalam hal temuan kasus Tipikor , pungli, pertanahan maupun kegiatan lainnya sehingga tugas dan fungsi BPI KPNPA RI ditingkat Propinsi selama ini tidak berjalan efektip.

” Saya Melihat dan menilai leadership, kemampuan intelektual dan kualitas intelijensi Jajaran BPI KPNPA RI Wilayah banyak yang belum berjalan dan hanya jalan ditempat saja.

Integritas dan loyalitas dari beberapa wilayah masih patut dipertanyakan dikarenakan belum sejalan dan berjalan mengedepankan mekanisme di BPI KPNPA RI” Ucap Ketua Pembina BPI KPNPA RI Drs Erwin Charara Rusmana SH.MH.

Sedangkan tantangan dan kontensitas masalah kedepan sangat komplek sehingga diperlukan penanganan cepat dengan SDM nya harus mumpuni dalam menyikapi semua problem di daerah juga dalam rangka untuk meningkatkan kualitas kinerja BPI KPNPA RI dimana untuk 2 tahun ke depan bisa sejajar dengan Lembaga Negara lainnya.

Dan BPI KPNPA RI yang khusus Mengawasi Kinerja Aparatur Negara dan Pengawasan Anggaran sesuai dengan RDP BPI KPNPA RI dengan Komisi III DPR RI tahun 2014.

Dimana sudah ada wacana rekomendasi peningkatan status BPI KPNPA RI sejajar dengan Lembaga setingkat Ombusman , Komnas HAM, untuk itu di tahun 2021 BPI KPNPA RI akan mengadakan pembenahan, perubahan secara perlahan namun pasti untuk bisa maksimal dapat bekerja dan didukung oleh TIM SDM handal.

” BPI KPNPA RI Terinterdepartemen dengan Polri, Kejaksaan Agung, Kemenkopolhukam, Saya baru bertemu dengan beberapa Kepala Kejaksaan Tinggi antara lain Kejati DKI Jakarta , Kejati banten, Kejati Kalsel,Kejati Jawa Timur, Kejati Sumatra Utara , Kejati Kalimantan Tengah untuk menyampaikan program Hallo Jaksa , BPI Melihat, Masyarkat Bertanya dan Jaksa menjawab.

Dan program tersebut mendapatkan dukungan positip dari pihak Kejaksaan untuk itu dalam waktu dekat BPI KPNPA RI akan bertemu dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Kapolri yang baru .

Saya berharap kedepan nanti Korwil Satgas Anti Pungli & Tipikor BPI KPNPA RI Mampu bersinergi dan membangun komunikasi kemitraan bersama para Pimpinan Pemerintah daerah, Kapolda & para Kapolres, Kajati dan Kajari yang ada di provinsi dalam rangka bersama BPI KPNPA RI mencegah dan mengungkap Tindak Pidana Korupsi ” ungkap pria murah senyum yang pernah masuk bursa calon Komisioner KPK ini menaruh harapan .

Misradi SH. yang ditunjuk sebagai PLT Sekjen BPI KPNPA RI ketika dikonfirmasi melalui seluler mengatakan, dirinya siap menjalankan Amanah yang diterimanya, sesuai petunjuk dan arahan melalui Surat Keterangan ( SK ) Kesekjenan yang diterima nya akan melakukan koordinasi dan supervisi dengan jajaran BPI KPNPA RI Wilayah demi terlaksananya program kerja dari BPI KPNPA RI.

Dan sesuai arahan dari Ketua Pembina maupun Ketua Dewan Pengawas BPI KPNPA RI bagi wilayah BPI KPNPA RI yang tdk berjalan serta vakum dari kegiatan segera kepengurusan di bekukan dan digantikan dengan pengurus lainnya.

” BPI KPNPA RI dalah lembaga yang konsisten dan fokus dalam mengawasi Kinerja Penyelenggara Negara & daerah dalam hal menggunakan Anggaran Negara agar terhindar dari perilaku Tindak Pidana Korupsi serta Penyalahgunaan kewenangan.

Saya selaku PLT Sekjen tetap akan bersinergi dan koordinasi sekaligus inventarisasi dengan seluruh DPD BPI KPNPA RI yang ada di semua provinsi dan tercatat ada 17 provinsi yang aktif dan masih melaporkan kegiatan pertriwulan ke Pusat.

Memang ini Tidak mudah dikarenakan Ketua Umum BPI KPNPA RI memberikan tugas khusus dalam rangka membackup BPI KPNPA RI Wilayah Propinsi agar kinerja dan kwalitas dapat bersaing dan menjadi tolak ukur dalam penyelesaian Kompentensi konflik daerah,baik itu dalam masalah sengketa pertanahan, korupsi ,pungli, penyalahgunaan kewenangan dan penyimpangan aparatur negara yang sangat tinggi bisa di lihat dalam indeks kerawanan masalah di tiap propinsi agar bisa terkondisikan dengan baik.

Inshaa Allah saya bertekad dan akan lakukan yang terbaik untuk Negara dalam mengawasi oknum-oknum Pejabat Negara dalam penggunaan Anggaran Negara dari penyimpangan tindak Pidana korupsi ” Ucap Misradi SH, terdengar Penuh semangat.

Ketika ditanyakan apakah sudah memiliki strategi Terkait Program Pemberantasan Tindak Pidana korupsi, Dirinya mengungkapkan sudah memiliki strategi khusus.

” Akan Saya Gigit dengan Cara Saya ” Tegas Pria keturunan Ningrat dari Madura yang dikenal ceplas-ceplos ini dan berani

‌ ” Ya bukan saya yang gigit langsung, kan ada Kepolisian , KPK, Kejaksaan Agung dan jikalau ada temuan Nanti dari Satgas Korwil Anti Pungli & Tipikor dan Mafia Tanah pasti saya bisikkan disitu ada tuh, disini ada nih.

Begitulah kutipan dari kalimat pak presiden Jokowi, saya pun akan melakukan hal yang sama seperti beliau hehhehe ” Ucapnya terdengar sambil bercanda namun serius.

Kita lihat nanti kinerja kedepan dengan terbentuknya Satgas Korwil Anti Pungli, Tipikor&Mafia Tanah BPI KPNPA RI yang mendapatkan dukungan penuh dari jajaran BPI KPNPA RI wilayah.

 

Sumber : Redaksi
Editor : Kurnia

Related Articles

40 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: