BeritaKeamananLingkungan HidupNasional

“Kalapas dan Warga Binaan Bahu Membahu Padamkan Api di Lapas Sukamiskin.”

Bandung, Beritaterkini.co.id- Sebagai salah satu tempat yang dipergunakan oleh orang banyak tentu akan menimbulkan berbagai resiko yang kemungkinan akan timbul termasuk kebakaran, Lapas Kelas 1 Sukamiskin adalah salah satunya, lokasi yang menjadi tempat sementara ratusan Warga Binaan dalam menjalani masa pemidanaan. Lapas Kelas 1 Sukamiskin juga adalah bangungan bersejarah dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya Kota Bandung sehingga harus dijaga kelestarian dan keselamatanya.

Kesadaran akan pentingnya pencegahan dan penangulangan dini akan bahaya kebakaran masih dipandang rendah. Seringkali terjadi kebakaran hebat yang seharusnya tidak terjadi jika warga memiliki ketrampilan dasar dalam melakukan tindakan pemadaman api.
Hal ini yg mendasari kalapas sukamiskin mengandeng dinas kebakaran melakukan sosialisasi maupun pengarahan, pelatihan dan simulasi kpd petugas dan warga binaan dalam mengatasi jika terjadi kebakaran di lapas sukamiskin, Sabtu (19/6).

Selain pengarahan maupun sosialisasi, dilaksanakan juga simulasi pemadaman api oleh petugas damkar dan diikuti oleh petugas lapas, WBP bagian dapur, serta peserta yang hadir.

Dalam penjelasanya Kalapas kelas 1 Sukamiskin mengatakan sangat penting untuk mengantisipasi ancaman berbagai kemungkinan bencana yang mungkin timbul. Lapas kelas 1 Sukamiskin baik petugas maupun warga binaan harus senantiasa waspada setiap saat demi keamanan Bersama yang diibaratkan sedia payung sebelum hujan.

Kegiatan berlangsung dari pukul 09.30 WIB atau sesudah pelaksanakan senam sehat sampai dengan selesai pukul 10.30 Wib. Selain Pejabat struktural dan petugas yang hadir, kelompok Warga Binaan Pemasyarakatan juga antusias mengikuti kegiatan, meliputi Warga Binaan yang ditugaskan di Dapur, Pos Kerja, dan tempat tempat yang riskan bahaya kebakaran. Lapas Kelas 1 Sukamiskin sendiri saat ini telah dilengkapo 60 buah tabung Alat Pemadam Api Ringan yang ditempatkan pada titik titik yang dianggap rawan terjadinya kebakaran.

Warga binaan Lapas Kelas 1 Sukamiskin mengapresiasi langkah proaktif Kalapas dan berharap kegiatan kegiatan sosialisasi yang lain bisa dilaksanakan sebagai bentuk upaya pembinaan yang dilakukan oleh Lapas. (Red)

 

Sumber : JP Jabar

Related Articles

5 Comments

  1. Heya i am for the first time here. I found this board and I find
    It truly useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and aid others like you
    aided me.

  2. a recent college graduate, faces a career decision between a high-paying job in a big corporation and a lower-paying position in a non-profit organization. The dilemma lies in the clash of two core personal values: financial security and a passion for social impact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: