Kota Metro, Beritaterkini.co.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Aksi Masyarakat dan Pemuda untuk Demokrasi (KAMPUD) Kabupaten Lampung Timur, menghadiri undangan acara workshop yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur yang dipusatkan di Lek Kartika Kota Metro, pada Rabu (1/12/2021).

Melalui keterangan persnya, Ketua DPD KAMPUD Kabupaten Lampung Timur, Fitri Andi yang didampingi oleh Sekretaris Ibnu Hasan, dan Ketua Bidang Informasi dan Hubungan Masyarakat DPD KAMPUD Kabupaten Lampung Timur, Harmain mengutarakan bahwa pihaknya sangat mendukung dan apresiasi tinggi atas diselenggarakannya acara workshop yang bertajuk “hasil Penyelesaian sengketa Pemilihan Bupati/Wakil Bupati serentak Provinsi Lampung”.

“Kami mendukung langkah-langkah Bawaslu Kabupaten Lampung Timur salah satunya melalui workshop yang membahas tentang hasil Penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Daerah”, ungkap Ketua DPD KAMPUD Kabupaten Lampung Timur.

Foto : Rec.dok

Dijelaskan juga oleh Ketua DPD KAMPUD Kabupaten Lampung Timur, bahwa sebagai salah satu penegak pilar Demokrasi Bawaslu sudah seharusnya menunaikan tugasnya sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang menyatakan Bawaslu bertugas, menyusun standar tata laksana pengawasan Penyelenggaraan Pemilu untuk pengawas Pemilu di setiap tingkatan sehingga dapat terwujudnya hasil pemilihan kepala daerah sesuai yang diharapkan dan dicita-citakan masyarakat Indonesia.

“Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah menjadi tolak ukur awal mencetak Bupati/Wakil Bupati/Walikota/Wakil Walikota yang dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, berdasarkan UUD 1945 yang kini telah menjadi acuan dalam melakukan perundang-undangan di bidang politik. Untuk mengimplementasikan UUD 1945, setidak-tidaknya ada 5 permasalahan mendasar, yaitu pengaturan sistem kepartaian yang demokratis, mandiri dan tangguh dalam NKRI, terselenggaranya pemilu/pilkada yang demokratis, membangun sistem perwakilan rakyat yang kredibel dan aspiratif, terbentuknya pemerintahan yang stabil, kapabel dan responsif, dan terciptanya pola hubungan antar lembaga negara yang sinergis dalam sistem pemerintahan Demokrasi  presidensiil”, ujar Fitri Andi.

Dia juga menegaskan Penyelenggaraan Pemilihan Umum presiden secara langsung diselenggarakan dalam rangka terbentuknya pemerintahan yang stabil, kapabel dan responsif guna memperkuat sistem pemerintahan presidensiil. Demikian pula Pemilihan Kepala Daerah secara langsung yang diselenggarakan secara demokratis secara berjenjang akan menciptakan pola hubungan antara lembaga negara yang sinergis dengan sistem pemerintahan Demokrasi presidensiil.

“Denagan mengawal penegakan pilar-pilar demokrasi tentunya Lembaga KAMPUD Kabupaten Lampung Timur selalu siap bahu-membahu bersama Penyelenggara baik itu KPU dan Lembaga Pengawas Bawaslu untuk mengawal jalan dan prosesnya demokrasi, sehingga demokrasi dalam rangka pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah tidak bermakna mudarat, dan melahirkan Pemerintahan yang Korup”, tandas Andi sapaan karib Aktivis yang dikenal low profil ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Ibnu Hasan, bahwa sebagai Komite dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Lampung Timur, DPD KAMPUD Lampung Timur, siap bersinergi bersama penegak pilar demokrasi untuk mewujudkan Demokrasi yang jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia.

“Kami sebagai komite untuk seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Lampung Timur siap mengawal proses penegakan pilar demokrasi yang seutuhnya, sesuai dengan amanat UUD 1945”, jelas Ibnu Hasan. /Red

8 KOMENTAR

  1. My programmer is trying to persuade me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the expenses. But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on a number of websites for about a year and am anxious about switching to another platform. I have heard fantastic things about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress posts into it? Any kind of help would be greatly appreciated!

  2. Do you mind if I quote a few of your posts as long as I provide credit and sources back to your website? My blog site is in the exact same niche as yours and my visitors would certainly benefit from some of the information you present here. Please let me know if this ok with you. Many thanks!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here