Pendidikan

SMPN 24 Medan Kembangkan Karakter Dari Bercocok Tanam

MEDAN – BRRITATERKINI.CO.ID – Ada pemandangan tidak biasa di SMPN 24 Medan bila dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain. Selama 3 hari selepas ujian, seluruh siswa mengikuti Program Siswa Bertani. Program ini telah dilakukan secara rutin dan menjadi salah satu ciri sekolah ini.

Program Siswa Bertani digagas oleh Ibu Kepsek SMPN 24 Dewi Sri Indriati Kusuma, S.Pd, M.Pd dengan memanfaatkan lahan sekitar sekolah yang cukup luas untuk siswa dapat bercocok tanam.

Menurut Kepsek, program ini dibuat sebagai kegiatan diluar kurikulum dengan bertujuan untuk menumbuhkan karakter peserta didik.

“Program Siswa Bertani ini untuk mengenalkan dunia bercocok tanam kepada peserta didik, dan ini kami lakukan secara rutin setelah ujian sekolah selama 3 hari”, ungkap Dewi.

Lanjut bu kepsek, banyak cerita dan kisah yang menarik yang terjadi. Paguyuban antar wali kelas dan peserta didik begitu erat tak terbatas dalam menjalankan program ini.

“Lahan yang ditumbuhi ilalang dalam waktu singkat berubah menjadi lahan siap pakai. Peserta didik menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk menanam berbagai macam jenis sayuran”, ungkap Dewi lagi.

Kegiatan bercocok tanam ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari menyemai, merawat, menyiram, memanen, hingga dapat menghasilkan sesuatu.

“Banyak hikmah dan filosofi yang dapat diambil dari kegiatan ini. Bercocok tanam mengajarkan kepada peserta didik untuk jujur sabar, ulet telaten, tangguh dan waspada. Apa yang kita tanam itulah yang kita tuai. Inilah makna pembelajaran dan penumbuhan karakter dari program ini”, tegas Kepsek SMPN 24.

(BM-01)

Related Articles

7 Comments

  1. Wonderful blog! Do you have any hints for aspiring writers?
    I’m hoping to start my own website soon but I’m a little lost on everything.

    Would you advise starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There
    are so many options out there that I’m totally overwhelmed ..
    Any suggestions? Bless you!

  2. Normally I do not learn post on blogs, but I would like to say that this write-up very pressured me to take a look at and do so! Your writing style has been amazed me. Thanks, quite great post.

  3. You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be actually something
    which I think I would never understand. It seems
    too complex and extremely broad for me. I am looking forward for your next post, I will
    try to get the hang of it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: