Manggarai Barat, NTT : Program pendampingan SDM yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus dilaksanakan. Didesa Wae Lolos Kecamatan Sano Nggoang Kabupaten Manggarai Barat, program tersebut sudah dilaksanakan pada awal februari dan masih berlangsung hingga kini.

Kolaborasi antara Hefrizal perwakilan Asosiasi Pengusaha Bumiputra Nusantara Indonesia (ASPRINDO) dibidang kompetensi Digital Marketing dengan Arif alias Abim perwakilan ASIDEWI dibidang pemandu wisata, menjadi tumpuan bagi masyarakat desa Wae Lolos untuk memberikan masukan dan arahan dibidang kompetensinya masing-masing.

Marwan salah satu peserta program sekaligus Ketua Penyelenggara pendampingan SDM desa Wae Lolos menyebutkan, “kami sangat senang dengan adanya program tersebut, karena banyak masukan-masukan yang kami terima dari program pendampingan tersebut, harapan saya program ini terus berkelanjutan sehingga kami dapat melaksanakan arahan tersebut dengan baik, untuk kemajuan desa kami menjadi desa wisata mandiri”.

Kepala Desa Wae Lolos Gervinus Toni, ditempat yang berbeda juga mengatakan bahwa antara masyarakat desa dengan team pendamping SDM mampu berbaur dengan baik dan saling bahu membahu untuk membangun desa Wae Lolos dibidang Pariwisata.

“Saya selaku kepala desa juga memberikan masukan dan kendala yang ada kepada team pendamping SDM yang ditempatkan di desa kami khususnya dari infrastruktur serta sarana dan prasarana yang ada, dengan harapan agar masukan dari saya khususnya masyarakat desa dapat dicarikan solusinya.

Pendamping SDM Desa Wisata dari ASIDEWI, Arif mengatakan “Saya ditugaskan di Desa Wae Lolos dari tanggal 9 Februari 2022 hingga saat ini. Di bidang kepemanduan wisata kami bergotong royong membangun gapura selamat datang dengan bahasa Manggara “Tabe O ite, mai ce e Wae Kolang Lua Desa Wae Lolos””

“Harapannya, salah satu cara ASIDEWI menjaga desa Wisata yaitu melestarikan bahasa setempatĀ  sehingga memunculkan etos dan spirit hidup yang luhur terutama di Desa Wae Lolos, Manggarai Barat”, tutupnya.

Penulis : Hefrizal ASPRINDO (Pendamping SDM Desa Wisata Kompetensi Digital Marketing Wae Lolos)

6 KOMENTAR

  1. Sticking to the duties/responsibilities resume format, will guarantee that your resume lines a garbage can! Companies are not interested in what you were responsible for at previous occupations. Rather, they must see what Points Of Difference you have made.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here