MEDAN – BERITATERKINI.CO.ID – Perguruan Al-Azhar menggelar kegiatan Ramadhan Center 1443 H. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 11 hingga 14 April 2022 bertempat di Aula Perguruan Al-Azhar Medan, Jl Kuala Bekala, Medan Johor, Medan.

Kegiatan Ramadhan Center bertema “Ramadhan mampu meraih ketaqwaan bagi pelajar milenial” ini dihadiri oleh Camat Medan Johor yang diwakili oleh Ibu Juliana Harahap, S.STp, Penceramah Ustadz M. Yasir Tanjung, S.Pd.I, Pembina Yayasan Hj. Rachmah Nasution Bapak H. Machyuzar Nasution, Ketua Yayasan Hj. Rachmah Nasution Ibu Ir. Hj. Riza Novida, Kepala Sekolah dan Rektor Universitas Al Azhar Medan, Ketua LPIA Perguruan Al Azhar Medan, dan para pendidik.

Dalam sambutannya, Pembina Yayasan Hj. Rachmah Nasution Bapak H. Machyuzar Nasution, menyampaikan selamat kepada seluruh siswa Perguruan Al Azhar Medan dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang telah mengikuti Ramadhan Center. Semoga dengan pelaksanaan Ramadhan Center ini, seluruh siswa dan siswi Perguruan Al Azhar Medan semakin meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan 1443 H dan mencintai Al Qur’an sebagai kitab suci umat Islam.

“Kegiatan Ramadhan Center membuktikan bahwa Perguruan Al Azhar Medan sebagai Institusi pendidikan yang bercirikan Islam Istiqomah dalam melestarikan nilai-nilai ajaran Islam yang terkandung di dalam Al Qur’an. Dengan adanya kegiatan seperti ini keberlangsungan generasi Islam yang cinta Al Qur’an dapat terus terpelihara dari masa ke masa”, ungkap H Machyuzar Nasition.

Camat Medan Johor yang diwakili oleh Ibu Juliana Harahap, S.STp dalam kata sambutannya menyatakan bahwa kegiatan Ramadhan Center di Perguruan Al Azhar Medan ini sesuai dengan program pemerintah untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan positif dan mengeksplorasi bakat dan kreativitas anak selama bulan Ramadhan. “Semoga acara ini berjalan dengan sukses”, imbuh Juliana Harahap.

Ketua Panitia Ramadhan Center Ustadz Ali Akbar Panggabean, M. Sos dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa tahun ini siswa yang mengikuti Ramadhan Center berjumlah 624 siswa yang terdiri dari siswa tingkat SD kelas 4 dan 5, SMP kelas VII, dan SMA Kelas X Perguruan Al Azhar Medan dan Ar Rahman Percut.

“Materi yang diberikan kepada siswa selama berlangsung Ramadhan Center selain keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Materi yang bersifat melatih kreativitas siswa, kerjasama, tanggungjawab, dan dinamika kelompok. Selama kegiatan berlangsung peserta maupun panitia dan seluruh pengisi acara tetap mematuhi prokes yang benar.”, ungkap Ustadz Ali Akbar Panggabean.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan Ilmu Agama (LPIA) Perguruan Al Azhar Medan dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Ramadhan Center ini merupakan program tahunan LPIA yang diikuti oleh siswa SD kelas 4 dan 5, SMP kelas VII, dan SMA kelas X Perguruan Al Azhar Medan.

“Diharapkan seluruh siswa dan siswi yang mengikuti Ramadhan Center semakin meningkatkan Ibadahnya dan mencintai Al Qur’an sebagai kitab suci yang harus terus dibaca dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari”, ungkap Ketua LPIA.

Acara Ramadhan center dibuka secara simbolis oleh bapak pembina Yayasan dengan menabuk gendang bersama kepala sekolah dan diiringi sholawat bersama seluruh peserta.

Dalam ceramahnya, Ustadz M. Yasir Tanjung, S.Pd.I menyatakan bahwa Al Qur’an merupakan roadmap (peta jalan menuju kesuksesan). Banyak Ulama yang sukses karena membaca, menghafal, dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an. Islam, melalui Al Qur’an mengajarkan hidup baik di dunia dan baik di Akhirat.

“Dengan mempedomani arahan dan kandungan ayat suci Al Qur’an insyaAllah umat Islam menjadi kuat dan bahagia di dunia dan akhirat. Semoga seluruh siswa dan siswi Al Azhar Medan menjadi generasi Al Qur’an”, terang sangat penceramah.

Ramadhan Center Perguruan Al Azhar Medan ditutup dengan buka bersama, Sebelum berbuka puasa, mendengarkan tausiyah agama dari Ustadz Dr. Syukri Al Bani, MA yang berhasil membuat suasana sore semakin hikmat dan penuh berkah. Acara dilanjutkan dengan shalat Maghrib dan tarawih berjama’ah dan penyerahan sertifikat bagi peserta Ramadhan Center terbaik.

(BM-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here