Berita

SIRA Meminta DLHP Sumsel Periksa PT. Kelantan Sakti Atas Dugaan Pencemaran Limbah

Palembang,Berita Terkini. Co.Id Suara Informasi Rakyat Sriwijaya (SIRA) kembali mendatangai kantor Dinas Ligkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Sumatera Selatan , dengan membawa sejumlah persoalan, Kamis (16/6/2022)

Direktur SIRA sekaligus Koordinator Aksi Rahmat Sandi Iqbal. SH, yang di dampingi oleh Koordinator Lapangan Rahmat Hidayat. SE, menyampaikan adanya dugaan pencemaran lingkungan dari limbah hasil aktivitas kegiatan industri PT. KELANTAN SAKTI yang berada di Desa Cinta Jaya Kecamatan, Pedamaran Kabupaten OKI, yang bergerak dibidang minyak Kelapa sawit.

“Pencemaran tersebut diduga disebabkan oleh pengelolaan limbah yang diduga tidak sesuai standar, sehingga dampaknya pada ancaman kerusakan lingkungan hidup. ekosistem sampai dengan kepada kesehatan masyarakat sekitar perusahaan. Sedangkan Lingkungan adalah merupakan komponen penting dalam kehidupan dalam pembangunan berkelanjutan yang seharusnya kita jaga bersama, “ujarnya.

Selain itu, Rahmat Sandi mengatakan perusahaan yang bergerak dibidang minyak Kelapa Sawit inipun diduga tidak melibatkan masyarakat pribumi untuk bekerja disana padahal arahan dari Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo sudah jelas kepada pihak perusahaan baik itu perusahaan swasta maupu BUMN harus mengikutsertakan masyarakat desa dalam kegiatan perekonomian dalam setiap kegiatannya.

“Sebagai lembaga kontrol sosial, maka hari ini kami mendatangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan di Prov. Sumsel menyampaikan beberapa tuntutan serta menyatakan sikap, ” Katanya.

Rahmat Sandi Meminta DLHP Provinsi Sumsel untuk segera membentuk dan menurunkan Tim Khusus guna melakukan penanganan pencemaran lingkunga yang diduga dilakukan olch PT. KELANTAN SAKTI yang berkedudukan di Desa Cinta Jaya Kee.

“Kami Mendukung Pemerintah Provinsi Sumsel dalam menertibkan perusahaan yang di duga bermasalah, tidak taat aturan serta tidak ada manfaatnya untuk masyarakat sekitar Perusahaan, dan sebagai kontrol sosial kami akan mengawal persoalan ini sampai tuntas,bebernya.

Aksi unjuk rasa dari SIRA di Terima langsung oleh Kabid Gakkum DLHP Sumsel Yulkar Pramilus mengucapkan terima kasih atas apa yang di sampaikan oleh SIRA mengenai dugaan pencemaran lingkungan oleh kegiatan Industei PT Kelantan Sakti Jaya, kami akan melihat dan memeriksa langsung atas laporan tersebut ke lokasi, “pungkasnya.(RZP)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: