BULELENG, beritaterkini.co.id | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng mengadakan kegiatan sosialisasi pelayanan Helpdesk Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024, bertempat di Singaraja Hotel (Ex Pop Hotel, Pelabuhan) Jl. Kampung Baru, Singaraja, pada Kamis (11/08/2022), pukul 11.00 Wita.

Divisi Teknis KPU Buleleng, Gede Sutrawan menerangkan bahwa tujuan sosialisasi pelayanan Helpdesk, Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024, yang dilakukan adalah untuk memberikan pemahaman dan menyebarluaskan informasi mengenai Regulasi dari KPU RI tentang pelayanan Helpdesk pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu Tahun 2024 kepada pengurus Dewan Pimpinan Daerah Partai Politik di Kabupaten Buleleng atau yang mewakili.

Turut hadir Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buleleng dan Sebanyak 22 Partai Politik, antara lain LO dan Operator Sipol (Sistem Politik) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P), Partai Golongan Karya (GOLKAR), Partai Nasional Demokrat (NASDEM), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (GARUDA), Partai Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (PERINDO), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Ummat, Partai Gelombang Rakyat (GELORA), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) Kabupaten Buleleng.

Pendaftaran partai politik peserta pemilu tahun 2024, mendaftar langsung di KPU RI dimulai pada tanggal 1 Agustus sampai 14 Agustus 2022. Dari 42 Partai politik yang sudah mengambil akses SIPOL (Sistem Politik) sudah 17 Partai Politik yang terdaftar lengkap di KPU RI. Setelah lewat batas akhir pendaftaran pada tanggal 14 Agustus 2022, baru akan dilakukan Verifikasi Administrasi tepatnya dimulai pada tanggal 16 agustus sampai 29 agustus 2022 sesuai dengan data jumlah partai yang mendaftar dan memenuhi syarat di KPU RI.

Untuk Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik tingkat pusat dilakukan oleh KPU RI dan tingkat provinsi dilakukan oleh KPU Provinsi yang dilaksanakan pada tanggal yang sama pada 15 Oktober 2022 sampai 17 Oktober 2022. Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik tingkat Kabupaten/Kota dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota Pada Tanggal 15 Oktober sampai 4 Nopember 2022.

“Sosialisasi yang diberikan kepada LO dan Operator SIPOL (Sistem Politik) dari Partai Politik yang diundang adalah memberikan informasi mengenai pelayanan help desk, tentang pelayanan kepada pengurus dan anggota partai politik serta kepada Masyarakat Buleleng dalam Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik peserta Pemilu 2024,” ungkap Gede Sutrawan.

Pelayanan yang dilakukan KPU Buleleng Kepada Pengurus dan Anggota Partai Politik Kabupaten Buleleng jika terdapat masalah mengenai Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan partai Politik peserta Pemilu Tahun 2024, dapat langsung tatap muka di Kantor KPU Buleleng.

Selain itu, hal lain yang dilakukan adalah dengan penyebaran surat elektronik lewat Gmail atau WhatsApp maunpun Zoom Meeting jika ada pengumuman atau pemberitahuan mengenai pendaftaran, verifikasi dan jika sudah ada informasi mengenai penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2024.

Sutrawan berharap semua informasi yang telah disampaikan dan berkembang di KPU Pusat, KPU Provinsi khususnya di KPU Kabupaten Buleleng bisa diketahui oleh semua pihak baik dari pengurus dan anggota partai politik, maupun oleh masyarakat Kabupaten Buleleng, semoga dengan diadakannya kegiatan ini, kepercayaan masyarakat buleleng terhadap KPU Tingkat Kabupaten/Kota dapat meningkat.

Salah Satu Partai Politik yang diundang dan sudah mengambil akses SIPOL dalam kegiatan Ini adalah LO dan Operator Sipol Partai GELORA Bapak I Gede Maharjaya yang didampingi oleh Bapak Solihin.

I Gede Maharjaya sebagai LO dan sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten Buleleng Partai GELORA, mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan Partai GELORA Kabupaten Buleleng lolos Verifikasi Faktual dari KPU Buleleng adalah dengan mencari Sumber Daya Manusia yang berkompeten dan mumpuni dalam mengurus partai politik, khususnya dalam mengurus partai GELORA di masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Buleleng.

“Partai sudah lengkap dan siap dalam mengikuti verifikasi administrasi & Faktual yang dilaksanakan oleh KPU Buleleng, masyarakat di Kabupaten Buleleng sangat Antusias terhadap Kehadiran Partai Baru yaitu Partai GELORA,” tuturnya.

Partai Gelora mempunyai visi “Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Adil, Makmur dan menjadi bagian dari Kepemimpinan Dunia” serta mengajak masyarakat Buleleng untuk bersama-sama membangun bangsa bersama Partai GELORA.

“Saya sangat puas dan mengpresiasi sosialiasi dari KPU Kabupaten Buleleng dalam mengadakan kegiatan sosialisasi pelayanan Helpdesk Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024, Partai Gelora Kabupaten Buleleng sangat mentaati aturan, petunjuk dan arahan dari KPU RI, Provinsi dan Kabupaten/Kota,” Tutupnya. (Deny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here