Berita

Kedekatan Islam dan Tionghoa di Indonesia, Beginilah Kiprahnya

JAKARTA, beritaterkini.co.id | Islam dan Tionghoa yang berada di Indonesia sangatlah dekat. Kedekatan tersebut terbukti dengan adanya PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) sejak tahun 1961.

Organisasi PITI menghimpun para etnis Tionghoa yang memeluk agama Islam. PITI adalah sebuah pengejawantahan yang konkret bahwa Islam dan Tionghoa bisa bersanding dan senyawa.

Dilansir dari dektikhikmah, banyak yang belum tahu selama ini muslim Tionghoa terus berbaur dengan banyak etnis lainnya. Mereka hadir juga untuk menepis stigma bahwa yang berbeda harus diasingkan, padahal Pancasila sangat mendukung keberagaman seperti yang dilakukan PITI selama ini.

Seperti halnya teman-teman muslim etnis Tionghoa dengan sukacita setiap tahun turut merayakan tahun Baru Imlek menguatkan silaturahim, makan bersama, berbagi Angpao, mengenakan pakaian khas Tionghoa, dan lain-lain. Kehangatan itu akan terus terjaga dan dilestarikan sebagai warisan luhur kebudayaan.

Lexyndo Hakim bersama Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nassarudin Umar usai bersilaturahmi dan mengisi acara pelantikan pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Periode 2022-2027.

PITI hadir untuk menjaga keselarasan dan keharmonisan antar umat dan antar etnis bisa terus terjalin dengan baik, dan juga untuk mengokohkan Persatuan Indonesia. Pemerintah RI juga turut memberikan dukungan kepada etnis Tionghoa, terutama yang muslim. Hal itu juga membuat mereka semakin semangat untuk tetap menyuarakan NKRI harga mati. PITI siap berkolaborasi dengan pemerintah RI dalam berbagai hal. PITI hadir untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: