BeritaDaerah

Disdik Provinsi Sumsel Melalui Bidang SMK Gelar LKS Dan O2SN Tahun 2024

Palembang, Beritaterkini.co.id -Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Kepala Disdik Provinsi Sumsel H Teddy Meilwansyah, S.STP., M.M., M.Pd dalam hal ini Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Disdik Provinsi Sumsel Mondiyaboni, S.E., S.Kom., M.Si dengan didampingi Sekretaris Disdik Provinsi Sumsel Awaluddin, S.Pd., M.Si menghadiri kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dan Olympiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMK tingkat provinsi Sumsel Tahun 2024 serta kegiatan ini sendiri dipusatkan di aula gedung SMK Negeri 2 Palembang.

Kepala Disdik Provinsi Sumsel melalui Kabid SMK Disdik Provinsi Sumsel Mondiyaboni, S.E., S.Kom., M.Si mengatakan, sampai dengan saat ini sudah ada informasi dari Kementerian bahwa pada LKS tingkat nasional yang diadakan pada bulan Agustus 2024 serta O2SN dan kita sudah melakukan seleksi di tiap kabupaten/kota yang ada di provinsi Sumsel.

Sehingga sudah terpilih juara-juara dari 17 kabupaten/kota, kemudian pada tanggal 6 sampai dengan tanggal 8 bulan Mei 2024 ini kita adakan seleksi di tingkat provinsi. Nanti ada beberapa sekolah yang menjadi penanggung jawab setiap lomba juga untuk O2SN ada di sekitar Jakabaring di Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) untuk tempat lomba.

“Kami berharap kalau ada rekan-rekan yang ingin melihat langsung bagaimana siswa dilakukan seleksi disana, silahkan hadir saja pada tempat-tempat venue-venue tersebut. Tentu kita berharap tahun ini kita dapat mempertahankan juara 10 besar nasional, karena ini sudah tiga tahun berturut-turut kita mendapatkan peringkat delapan nasional yang sebelumnya begitu jauh di peringkat dua puluhan lebih,” ungkapnya.

“Tiga tahun terakhir ini kita bisa mempertahankan, dan saya berharap tentu tahun ke empat ini juga bisa mempertahankan, kalau bisa kita masuk lima besar. Kita doakan sama-sama, dan insya Allah di adakan di kota Bandar Lampung untuk seleksi tingkat nasional. Dimana ada 24 bidang lomba dari setiap program keahlian, macam-macam ya ada dari hospitality, ada dari teknik dan non teknik untuk kompetensi siswa,” jelasnya.

Mondyaboni menuturkan, untuk O2SN sendiri seperti biasa yakni renang, bulu tangkis, atletik, karate dan silat, dan harapannya tentu setiap tahun ada peningkatan dari mulai pelatihannya sampai dengan hasilnya dan prestasinya.

“Baik itu di tingkat sekolah masing-masing disatuan pendidikan, di tingkat kabupaten/kota sampai ke tingkat provinsi, dan tingkat nasional bahkan kita berharap untuk di tingkat Internasional,” ujarnya.

Dilanjutkannya, seperti robotik tahun kemarin di tingkat nasional kita juara dua, kemudian kita ikut di tingkat Internasional yang kemarin diadakan di Malaysia, kita juara dua juga di tingkat Internasional.

Di mana untuk bidang lombanya sendiri ditentukan oleh orang pusat, dan upaya-upaya kita biasanya nanti setelah seleksi di tingkat provinsi, kita ada pembinaan karakter untuk para pemenang di tingkat provinsi untuk bekal mereka nanti di tingkat nasional.

“Hadiahnya sendiri biasanya ada beasiswa, jadi kalau saya lihat beberapa lomba pada tahun lalu yang masuk tiga besar nasional biasanya dapat beasiswa pendidikan dari beberapa Universitas. Untuk tahun ini juga ada kita bekerja sama dengan Tri Sakti untuk bidang lomba design teknologi,” tambahnya.

Sementara itu, Analis kebijakan pendidikan provinsi sumsel, Drs.Riza Fahlevi MM menuturkan, sesuai dengan tagline SMK bisa dan SMK hebat.

“Dapat kita saksikan siswa darijurusan teknologi ataupun jurusan busana tapi untuk yang namanya menyanyi tari-tari mereka tidak kalah dari jurusan yang sebenarnya,” katanya.

“Anak-anak yang jelas harus kreatif. Jadi untuk kompetisi apapun kita hadapi, kita jangan takut. Kemudian kita harus rajin membaca, untuk melihat keterampilan orang lain. Kemudian jiwa entrepreneur, tangguh dan juga harus inovasi profesional. Itulah ciri khas anak SMK Sumsel,” tutupnya. (DNL)

Related Articles

11 Comments

  1. It is really a nice and helpful piece of information. I am glad that you simply shared this helpful information with us. Please keep us up to date like this. Thank you for sharing.

  2. I’ve been browsing online greater than 3 hours these days, yet I by no means found any attention-grabbing article like yours. It is lovely worth sufficient for me. Personally, if all website owners and bloggers made good content as you probably did, the web will likely be much more helpful than ever before.

  3. I’m still learning from you, but I’m trying to achieve my goals. I definitely liked reading everything that is written on your website.Keep the information coming. I loved it!

  4. I am extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it is rare to see a great blog like this one these days..

  5. I do not even know how I ended up here, but I thought this post was great. I don’t know who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

  6. you’re in reality a just right webmaster. The website loading pace is incredible. It kind of feels that you are doing any distinctive trick. Moreover, The contents are masterpiece. you have done a excellent process in this matter!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: