BaliBeritaDenpasarKesehatanPendidikan

Kolaborasi PDDI Bali dan TBM Janar Duta Fakultas Kedokteran Unud Gelar Donor Darah

beritaterkini.co.id-DENPASAR | Perhimpunan Donor Darah Indonesia atau PDDI Provinsi Bali berkolaborasi dengan TBM Janar Duta
Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (Unud) menggelar Donor Darah, Minggu, 30 Juni 2024.

Ketua PDDI Bali Ketut Pringgantara mengungkapkan rasa bangga dan mengapresiasi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengadakan acara Donor Darah secara rutin.

“Hal ini sebagai bukti apresiasi tertinggi kepada kampus dan masyarakat untuk memberikan sumbangsih, bahwa kesehatan itu sangat penting,” kata Ketut Pringgantara.

Bahkan, kebahagiaan menjadi bertambah, lantaran banyaknya mahasiswa sebagai pendatang baru atau Newcomer yang turut mendororkan darahnya.

“Untuk itu, kegiatan Donor Darah menjadi kebanggaan kita bersama, karena adik-adik mahasiswa kedepan sebagai bagian integral yang sangat penting bagi bangsa dan negara ini, terutama di bidang kesehatan,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya kegiatan Donor Darah ini harus dijadikan sebagai lifestyle untuk hidup sehat.

“Dengan demikian, kalian sehat, masyarakat sehat dan dunia dipenuhi dengan kebahagiaan,” paparnya.

Tak kalah pentingnya mengenai kegiatan Donor Darah harus dilakukan secara rutin, karena Permenkes terbaru tahun 2021 diamanatkan, bahwa para pendonor yang laki-laki bisa dilakukan setiap 2 bulan sekali, kemudian pendonor perempuan bisa dilakukan setiap 2,5 bulan.

“Artinya apa? bahwa kesehatan kita sangat penting bagi masyarakat,” jelasnya.

Tak hanya itu, Donor Darah disebutkan sangat penting bagi umat manusia, sehingga tanggung jawab diletakkan dengan menghidupkan terus Lentera Donor Darah yang dimulai dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

“Kemarin pada Hari Donor Darah Sedunia tema besarnya dari WHO adalah Thanks Giving for Blood Donor artinya mengucapkan terima kasih kepada para pendonor, terutama masyarakat bahwa Donor Darah itu sangat penting untuk kehidupan dan kesejahteraan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Donor Darah I Gusti Ayu Agung Citra Pramadevi menyebutkan, bahwa kegiatan Donor Darah sudah dilakukan, sejak 29-30 Juni 2024 dengan akumulasi peserta yang terdaftar sebanyak 250 orang, yang saat ini mencapai 120 kantong darah.

“Untuk kedepan, kegiatan Donor Darah terus dilakukan dengan tujuan sebagai penyalur harapan hidup orang banyak bagi yang membutuhkan transfusi darah,” tutupnya. (red/kyn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: