Bali

Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Jalan Tol Jagat Kerthi Bali Gilimanuk-Mengwi Mulai Dibangun

JEMBRAMA, beritaterkini.co.id | Pelaksanaan upacara yadnya disertai peletakan batu pertama menandai dimulainya pembangunan jalan tol Jagat Kerthi Bali Gilimanuk-Mengwi sepanjang 96,84 Km.

Groundbreaking Jalan Tol Jagat Kerthi Bali ini dilakukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster serta Bupati Jembrana, I Nengah Tamba di Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Sabtu, 10 September 2022.

Bahkan, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengucapkan terima kasih atas kegigihan dan kerja keras Gubernur Bali, Wayan Koster akhirnya Groundbreaking Jalan Tol Jagat Kerthi Bali Gilimanuk-Mengwi berhasil dilakukan.

Disebutkan, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN), sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri (Permen) Bidang Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar PSN.

Ditambahkan, Pembangunan Tol Jagat Kerthi Bali Gilimanuk-Mengwi akan dikerjakan dalam 3 tahap meliputi untuk tahap I pembangunan jalur Tol Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 53,6 Km, kemudian tahap II Pekutatan-Soka sepanjang 24,3 Km serta tahap III Soka-Mengwi sepanjang 18,9 Km. Sementara, total investasi Jagat Kerthi Bali Gilimanuk-Mengwi diperkirakan memakan biaya sebesar Rp 24,6 Triliun.

“Kehadiran jalan tol ini, diharapkan mampu mengurangi waktu tempuh dari Pelabuhan Gilimanuk-Mengwi, yang awalnya 5 jam akan menjadi 1-2 jam serta mendukung pengembangan objek wisata baru sepanjang jalur yang dilalui tol,” ungkap Bupati Tamba.

Direncanakan, pembangunan jalan tol Jagat Kerthi Bali selesai pada tahun 2028.

Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara khusus meminta agar jalan tol tersebut dapat rampung pada tahun 2025.

Bahkan, Menteri Basuki menegaskan, pembangunan tol sepanjang 96,84 Kilometer ini harus mengikuti irama jegog, dinamis seperti musik rock n roll demi kesejahteraan masyarakat, sehingga pekerjaannya lebih cepat dan pengoperasian jalan tol bisa dinikmati masyarakat pada 2025 mendatang.

Bahkan, jalan tol ini bisa dinikmati wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang datang ke Bali untuk bersantai dan tidak terjebak kemacetan.

“Saya minta, bahwa penyelesaian hanya 90-an Km, saya ingin mengikuti irama Jegog. Saya minta dengan hormat, karena kebutuhannya untuk masyarakat. Segera dapat kita selesaikan pengerjaan pembangunan jalan tol Jagat Kerthi Bali ini dapat diselesaikan tahun 2025,” ungkap Menteri Basuki.

Bahkan, pihaknya juga sangat mengapreasi, karena jalan tol ini juga dilengkapi dengan jalur khusus sepeda dan sepeda motor. Hal in dimaksudkan untuk memanjakan wisatawan, agar dapat menikmati keindahan alam Bali.

“Saya sangat gembira, karena antara Pekutatan-Mengwi akan ada jalur sepeda motor bahkan jalur sepeda. Ini salah satu perhatian kita pada social heritage kita di Bali ini. Walaupun ada jalan tol, ada jalur sepeda untuk tetap menikmati alam Jembrana, Tabanan dan Badung,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Bali, I Wayan Koster menyampaikan, jalan tol ini akan memberikan dampak besar terhadap keseimbangan pembangunan dan perekonomian di seluruh Bali, yang diharapkan akan mampu menjadi pemicu timbulnya destinasi wisata baru.

Disebutkan, Jalan Tol Jagat Kerthi Bali mengandung makna yang memberi kesejahteraan dan kebahagiaan untuk masyarakat Bali yang diyakini akan mampu memberikan dampak positif bagi Pemerintah Daerah maupun masyarakat Bali dalam peningkatan investasi pembangunan, peningkatan lapangan kerja, efesiensi jarak dan waktu tempuh logistik.

“Bahkan, jalan tol ini akan mampu menjadi pemicu timbulnya destinasi wisata baru serta pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru dan menyeimbangkan pembangunan antarwilayah di Provinsi Bali,” pungkasnya. (Surya).

Related Articles

8 Comments

  1. My brother suggested I might like this blog. He was totally right.
    This post actually made my day. You cann’t imagine simply how much time
    I had spent for this information! Thanks!

  2. I loved as much as you’ll receive carried out right here.
    The sketch is attractive, your authored material stylish.
    nonetheless, you command get got an edginess over that you wish be delivering the following.
    unwell unquestionably come more formerly again as
    exactly the same nearly a lot often inside case you shield this increase.

  3. I’m pretty pleased to uncover this web site. I wanted to thank
    you for ones time for this particularly fantastic read!!
    I definitely savored every little bit of it and i also
    have you book marked to see new stuff in your website.

  4. Personal Experiences: Personal experiences, including life events and interactions, are another influential factor. Experiences, whether positive or negative, can shape values by influencing perspectives, priorities, and beliefs.

  5. Hi there I am so happy I found your weblog, I really found you by accident, while I was looking on Aol for something else, Regardless I am here now and would just like to say cheers
    for a fantastic post and a all round entertaining blog (I also love the theme/design), I
    don’t have time to go through it all at the moment but I have book-marked it and also added in your RSS feeds, so when I
    have time I will be back to read more, Please do keep up the awesome job.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: