Selasa, Desember 7, 2021
Beranda Budaya Sergai Utus Para Budayawan ke Riau Untuk Revitalisasi Budaya Tradisional Lokal

Sergai Utus Para Budayawan ke Riau Untuk Revitalisasi Budaya Tradisional Lokal

3
210 views

Dinas Pemuda Olahraga Parawisata dan Kebudayaan (Poraparbud) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) bersama para budayawan Sergai melakukan kunjungan dalam rangka “Revitalisasi Budaya Tradisional Lokal” ke Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Mereka diterima Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hendrisan di Gedung Serbaguna Kabupaten Siak, Rabu (11/12/2019).

Kadis Poraparbud Sergai Sudarno, S.Sos mengatakan, bahwa kunjungan itu diarahkan dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahmi kedua daerah khususnya dalam bidang seni budaya lokal.

Selain itu kata Sudarno, kedatangan mereka sebagai upaya menggali dan melestarikan budaya lokal khususnya budaya Melayu.

Sudarno menambahkan, pada kunjungan itu, pihaknya menampilkan beberapa jenis kebudayaan lokal Sergai yakni diantaranya tarian etnis daerah, pencak silat, wayang orang dan lain-lain.

Baca Juga :  Disdik Sergai Perpanjang Program Belajar di Rumah Hingga 29 Mei

Kepala Dinas Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM yang turut serta dalam rombongan menyampaikan, bahwa kunjungan mereka sangat bermanfaat dalam rangka memperkaya pemahaman budaya lokal khususnya budaya Melayu.

Asisten Perekonomiam dan Pembangunan Kabupaten Siak Hendrisan merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah membawa para pelaku budaya Sergai untuk melakukan kunjungan dalam rangka menggali dan melestarikan budaya lokal khususnya budaya Melayu.

Dikatakannya, hal ini akan menjadi tolak ukur pelestarian budaya, oleh karenanya perlu dilaksanakan sosialisasi guna menumbuhkan kecintaan kepada seni dan budaya daerah.

Hendrisan juga sempat menjelaskan bahwa Kabupaten Siak sangat kaya dengan berbagai situs budaya sebagai bukti kejayaan Kerajaan Siak di masa lalu.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Searca Agung Nugroho,SE melalui Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Janatal Manurung, SE, M.Si yang dihubungi wartawan mengatakan, bahwa pada akhir kegiatan acara itu mereka mengadakan kunjungan ke beberapa destinasi wisata diantanya Makam Sultan Siak yang dipandu oleh Dinas Parawisata setempat.

Baca Juga :  Joni Walker Manik Sang Pelopor Pendidikan Serdang Bedagai

Selain para pejabat dan staf Disporaparbud yang terlibat dalam rombongan, ikut juga para budayawan Sergai antara lain H. Poniman, Mahyudaniel, Emda Pratama, Suryo, Misran, dan Nizar Purba.

Selain itu turut pula beberapa komunitas seni dan budaya Sergai, yakni Sanggar Tari Sinar Budoyo yang menampilkan kesenian Wayang Orang, Sanggar Tari Silat Podang, Sanggar Tari Cermin Teater yang menampilkan seni tari Batak Toba serta perwakilan dari Home Stay Desa Melati II Perbaungan.

(Abdul Firman)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

%d blogger menyukai ini: