Budaya

Sergai Utus Para Budayawan ke Riau Untuk Revitalisasi Budaya Tradisional Lokal

Dinas Pemuda Olahraga Parawisata dan Kebudayaan (Poraparbud) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) bersama para budayawan Sergai melakukan kunjungan dalam rangka “Revitalisasi Budaya Tradisional Lokal” ke Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Mereka diterima Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hendrisan di Gedung Serbaguna Kabupaten Siak, Rabu (11/12/2019).

Kadis Poraparbud Sergai Sudarno, S.Sos mengatakan, bahwa kunjungan itu diarahkan dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahmi kedua daerah khususnya dalam bidang seni budaya lokal.

Selain itu kata Sudarno, kedatangan mereka sebagai upaya menggali dan melestarikan budaya lokal khususnya budaya Melayu.

Sudarno menambahkan, pada kunjungan itu, pihaknya menampilkan beberapa jenis kebudayaan lokal Sergai yakni diantaranya tarian etnis daerah, pencak silat, wayang orang dan lain-lain.

Kepala Dinas Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM yang turut serta dalam rombongan menyampaikan, bahwa kunjungan mereka sangat bermanfaat dalam rangka memperkaya pemahaman budaya lokal khususnya budaya Melayu.

Asisten Perekonomiam dan Pembangunan Kabupaten Siak Hendrisan merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah membawa para pelaku budaya Sergai untuk melakukan kunjungan dalam rangka menggali dan melestarikan budaya lokal khususnya budaya Melayu.

Dikatakannya, hal ini akan menjadi tolak ukur pelestarian budaya, oleh karenanya perlu dilaksanakan sosialisasi guna menumbuhkan kecintaan kepada seni dan budaya daerah.

Hendrisan juga sempat menjelaskan bahwa Kabupaten Siak sangat kaya dengan berbagai situs budaya sebagai bukti kejayaan Kerajaan Siak di masa lalu.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Searca Agung Nugroho,SE melalui Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Janatal Manurung, SE, M.Si yang dihubungi wartawan mengatakan, bahwa pada akhir kegiatan acara itu mereka mengadakan kunjungan ke beberapa destinasi wisata diantanya Makam Sultan Siak yang dipandu oleh Dinas Parawisata setempat.

Selain para pejabat dan staf Disporaparbud yang terlibat dalam rombongan, ikut juga para budayawan Sergai antara lain H. Poniman, Mahyudaniel, Emda Pratama, Suryo, Misran, dan Nizar Purba.

Selain itu turut pula beberapa komunitas seni dan budaya Sergai, yakni Sanggar Tari Sinar Budoyo yang menampilkan kesenian Wayang Orang, Sanggar Tari Silat Podang, Sanggar Tari Cermin Teater yang menampilkan seni tari Batak Toba serta perwakilan dari Home Stay Desa Melati II Perbaungan.

(Abdul Firman)

Related Articles

56 Comments

  1. You really make it seem so easy with your presentation but
    I find this topic to be really something which I think I would never understand.
    It seems too complex and very broad for me. I am looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of
    it!

  2. Hey there! Someone in my Myspace group shared this site with us
    so I came to look it over. I’m definitely enjoying the information. I’m
    bookmarking and will be tweeting this to my followers! Exceptional blog
    and outstanding design and style.

  3. Howdy I am so delighted I found your weblog, I
    really found you by accident, while I was researching on Digg for something else, Anyways I am here now and would just like to say many thanks for a incredible post and
    a all round entertaining blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read through it all at the minute but I have bookmarked it and also
    added in your RSS feeds, so when I have time I will be back
    to read much more, Please do keep up the superb b.

  4. What i don’t realize is in truth how you are now not really much more well-favored
    than you may be now. You are very intelligent. You
    already know thus significantly relating to this topic, produced me in my opinion believe it from numerous various angles.

    Its like men and women aren’t interested except
    it is one thing to do with Lady gaga! Your individual stuffs great.
    All the time deal with it up!

  5. Nice post. I was checking continuously this weblog and I’m inspired!
    Very useful information specifically the last phase :
    ) I deal with such info much. I was looking for this certain info
    for a long time. Thank you and best of luck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: