Connect with us

Budaya

Pada Perayaan HPN 2020, Soekirman Terima Anugerah Kebudayaan Dari PWI Pusat

Published

on

BANJARMASIN – BERITATERKINI.co.id – Pada puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yang dihelat di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru, Sabtu (8/2/2020), Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menerima Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Jakarta.

Anugerah Kebudayaan ini diserahkan langsung oleh Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo serta Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof Dr Muhajir Efendi MAP dan undangan lainnya.

Anugerah Kebudayaan yang diterima Bupati ini merupakan rangkaian dari proses penilian yang dilakukan oleh PWI Pusat terhadap Bupati/Walikota se Indonesia yang telah memberikan perhatian penuh terhadap pengembangan kebudayaan dalam membangun daerahnya.

Bupati Sergai merupakan 1 dari 9 Bupati/Walikota penerima Anugerah Kebudayaan. Adapun 9 Bupati/Walikota lainnya yaitu Gunung Kidul, Halmahera Barat, Luwu Utara, Ambon, Tabalong, Tulang Bawang Barat, Banjarmasin, Baubau dan Tangerang Selatan.

Usai menerima penghargaan, Bupati Ir H Soekirman yang hadir didampingi Kadis Kominfo Drs H Amkal, AP, M.Si mengucapkan terimakasih kepada organisasi PWI Pusat, yang telah menggagas perhelatan ini sehingga berjalan sangat apik dan sesuai yang diharapkan.

” Ini akan menjadi motivasi bagi pemerintah daerah bersama seluruh rakyat Tanah Bertuah Negeri Beradat, yang hidup dalam keberagaman. Selain itu, penganugrahan ini merupakan pengamalan dari Undang Undang nomor 5 tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan indonesia yang ada di Sergai,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pilkada Serentak, Petahana Pesawaran Dendi Ramadhona Resmi Kantongi Surat Tugas DPP Demokrat

” Semoga dengan hadirnya kami bersama PWI di peringatan HPN ini menjadi modal dasar dalam memajukan ekonomi kreatif, pariwisata dan juga budaya di masyarakat,” ujarnya.

Secara khusus, Presiden RI Joko Widodo yang hadir dalam acara mengapresiasi kegiatan Akbar yang rutin digelar setiap tahunnya. ” Setiap kegiatan HPN saya akan tetap berusaha untuk menghadirinya. Karena insan pers adalah teman dan mitra kerja saya, yang selalu bersama-sama dengan saya dalam bekerja melaksanakan tugas-tugas negara dan pemerintahan ini”, ungkap Presiden Jokowi.

” Rekan -rekan wartawan lah yang membuat berita saya dan pemerintahan sehingga sampai di masyarakat. Jadi berhadapan dengan insan pers saya bukan benci namun selalu di hati dan rindu. Saya ucapkan terimakasih, sebab dalam lima tahun secara konsisten memberikan dukungan juga masukan serta kritik kritik yang membangun demi peningkatan pembangunan Indonesia,” papar Presiden RI.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joki Widodo menyampaikan bahwa masyarakat yang sehat adalah masyarakat yang mendapatkan informasi yang sehat dan baik, informasi yang baik membutuhkan wartawan yang baik juga ekosistemnya baik, oleh sebab itu ekosistem media harus dilindungi dan harus diproteksi sehingga masyarakat mendapatkan konten berita yang baik. Oleh karenanya, Presiden meminta agar segera disiapkan draf regulasi yang dapat melindungi dan memproteksi dunia pers kita.

Dilain hal, Presiden Jokowi mengutarakan, sebagai pintu gerbangnya calon Ibukota Negara, Kalimantan Selatan sangat potensial untuk pengembangan budaya dan wisata yang strategis, ungkap Presiden sembari memperlihatkan tayangan video animasi bakal Ibukota Negara RI yang baru yaitu di Kabupaten Kutai Kertanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga :  BELAJAR DARI SEJARAH, PEDIHNYA BERPISAH PERKAWANAN KARENA IDEOLOGI ATAU PERSEPSI

Tak lupa juga Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada Bupati dan Walikota yang mendapatkan Anugerah Kebudayaan. Semoga semuanya bisa terus berkiprah untuk kemajuan pembangunan di negara kita tercinta.

Dialog Kebudayaan

Sehari sebelumnya dalam rangkaian acara HPN, Bupati Sergai H Soekirman di daulat sebagai narasumber dalam dialog kebudayaan yang digelar oleh PWI Pusat di Hotel Mercure Banjarmasin. Sergai yang memiliki konsep pengembangan budaya melalui kampung budaya, diantaranya kampung budaya Melayu, Jawa, Batak, Bali dan Banjar. Ini semua berhasil menjadi role model dalam pembangunan dengan pendekatan budaya di Tanah Bertuah. Membangun mental kepribadian dengan berlandaskan pada nilai logika, etika dan estetika.

Itu semua berpadu untuk mewujudkan Pluralisne (keberagaman) yang sejalan dengan toleransi. Toleransi yang akan menghasilkan “trust” (kepercayaan). Pada akhirnya “trust” dapat menguatkan kohesivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Puncak acara HPN ini juga dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Duta Besar, para Gubernur, Bupati/Walikota dan Insan Pers se-Indonesia.

(AM)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

CANDI HINDU TERUNIK DI NUSANTARA

Published

on

By

WWW.BERITATERKINI.CO.ID
Candi Jiwa adalah candi peninggalan kerajaan Hindu Tarumanegara Jawa Barat yang eksistensinya masih belum banyak diketahui oleh masyarakat Nusantara hal ini bisa terjadi karena dalam buku buku sejarah Nusantara candi ini tidak pernah disebut.

Keunikan Candi yang terletak di komplek permandian Batujaya wilayah Pakisjaya, Kerawang, Jawa Barat ini karena terletak di hamparan sawah yang subur dengan Pemandangan persawahan yang luas dan mempesona. Selain itu Candi Jiwa struktur bagian atasnya berbentuk seperti bunga padma (bunga teratai) serta Bangunan candi Jiwa tidak terbuat dari batu, namun dari lempengan-lempengan batu bata.

Baca Juga :  BELAJAR DARI SEJARAH, PEDIHNYA BERPISAH PERKAWANAN KARENA IDEOLOGI ATAU PERSEPSI

Keunikan lain dari Candi jiwa adalah memiliki aura yang sangat mistis. Dari keterangan warga yang menghuni daerah sekitar candi Jiwa mengatakan bahwa dulu ada beberapa kali kejadian binatang Kambing yang tiba tiba mati tampa sebab karena melewati unur atau gundukan tanah yang menutupi candi tersebut, mulai saat itu masyarakat disekitar Candi itu menganggap bahwa Candi itu memiliki “Jiwa”, karena tidak hanya sekali kejadian kambing yang mati tampa sebab yang jelas karena melewati unur tersebut mati.

Baca Juga :  Pilkada Serentak, Petahana Pesawaran Dendi Ramadhona Resmi Kantongi Surat Tugas DPP Demokrat

Situs Candi Jiwa ini termasuk dalam salah satu candi tertua yang pernah berdiri di Indonesia. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa Candi ini adalah candi pertama yang dibangun di Bumi Nusantara.

Candi Jiwa adalah Candi peninggalan kerajaan Tarumanegara yang umurnya diprediksi lebih tua dari Candi Borobudur di Magelang. (Red/Aj)

Penulis;
Ir. IP. Sudiarsa Boy Arsa, ST., MT., IAI.
(Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Nawa Cita Pariwisata Indonesia Provinsi NTB)

Continue Reading

Berita

Benyamin Davnie Kunjungi Kampung Tangguh ” Jawara Tangsel ” di Margajaya

Published

on

By

SERPONG UTARA-Beritaterkini.co.id. Kamis ( 18/6 ). Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengunjungi kampung Marga Jaya, Pakulonan, RT 02/04, Serpong Utara yang akan menjadi percontohan kampung tangguh “Jawara Tangsel”.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, dalam Kampung Tangguh itu nantinya ada keterlibatan masyarakat dalam suatu wilayah tertentu. Awal rencana pembentukan Kampung Tangguh karena dipicu adanya Covid-19 yang terus bertambah.

Foto suasana kunjungan

Kampung Tangguh diharapkan bisa menjaga lingkungan agar tetap aman dari bahaya Covid-19. “Tapi di luar itu tentunya kampung tangguh ini juga kita harapkan bisa menjadi Contoh dalam soal keamaan, ketertiban dan lainnya, “ungkapnya selepas meninjau persiapan Kampung Tangguh, Rabu (17/6).

Baca Juga :  Tuduhan Terhadap Mantan Jampidsus Oleh Miftahul Ulum, Cederai Institusi Kejaksaan RI

Benyamin menyampaikan, alasan Kampung Margajaya dipilih sebagai percontohan karena ideal kampung tangguh itu ada posko atau ada ruangan di mana bisa dijadikan tempat untuk membahas berbagai hal oleh tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar. Rencananya paling lambat launching Kampung Tangguh pada 1 Juli 2020.

“Jadi ini mau uji coba dulu. Mudah mudahan dari unsur pimpinan polri bisa meresmikan kampung tangguh ini. Nanti namanya Kampung Tangguh Jawara Tangsel,” ungkapnya.

Foto atraksi disela kunjungan ( dok.beritaterkini )

Benyamin menambahkan, selain karena adanya Covid-19 pembentukan kampung tangguh juga untuk pemberdayaan produk ekonomi masyarakat. Tak hanya itu, di dalam kampung tangguh juga mencakup bidang keamanan, sosial dan kesehatan.

Baca Juga :  Selain Tangani Covid-19 Dalam Negeri, Pemerintah juga Beri Perlindungan WNI di Luar Negeri

Sumber. : Humas Kominfo
Editor : IS
Pewarta : opick

Continue Reading

Berita

Danramil 07/kampar Salurkan Sembako Dari Kodim Dalam Rangka HUT Ke 70 KODAM l BB

Published

on

By

Kampar utara – Danramil 07/kampar jajaran Kodim 0313/Kpr Kapten inf Asril salur kan sembako dari Kodim dalam rangka HUT Kodam l BB, di desa Sungai jalau kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar. Senin (15/06/2020)

Diketahui, sebanyak 200 Paket Sembako yang dibagikan ke masyarakat Desa Sungai Jalau, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar, yang di salur kan melalui Koramil 07/kampar.

Dandim 0313/Kpr Letkol Inf Aidil Amin Sip. MI. POL mengatakan kegiatan berupa pembagian paket sembako kepada masyarakat Dalam rangka memperingati HUT Kodam l BB ke 70.

Dandim mengungkapkan bahwa pemberian Paket sembako ini akan dibagikan secara langsung oleh Danramil dan Babinsa secara door to door kepada warga yang membutuhkan bantuan tersebut.

Baca Juga :  Gebrakan Pertama Mendagri Tito Karnavian, Evaluasi APBD agar Tepat Sasaran

“Untuk tetap menjaga kesehatan berkaitan dengan pandemi Covid-19, maka dalam pelaksanaan pembagian sembako kita tidak mengumpulkan massa, tetapi menyasar langsung ke rumah warga penerima paket sembako dengan maksud menjaga physical distancing dan social distancing,” katanya.

“Pembagian paket sembako seperti ini dalam masa pandemi Covid-19, kita semua berharap dengan kegiatan seperti ini lebih meningkatkan lagi keperdulian antar sesama, Jiwa Gotong-royong serta menguatkan jiwa kemanunggalan TNI bersama Rakyat,” ujar Dandim.

Baca Juga :  ANGGOTA KOMISI III DPR-RI ADDE ROSI KHOERUNISA MENGUNJUNGI LAGI MASYARAKAT PANDEGLANG DAN LEBAK

Sementara itu, Kades Sungai jalau Nirwan Amirullah mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya kodim 0313/kpr dan yang masih memperhatikan masyarakat di wilayah binaan.

“Terima Kasih kepada TNI AD dalam hal ini Bapak-bapak yang ada di Kodam I/BB dan di Kodim 0313/kpr yang telah memperhatikan kami, dengan bantuan ini kami bisa terbantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih semoga Bapak-bapak TNI selalu diberikan keberkahan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” Ucapnya Nirwan.(Fitoyo)

Continue Reading

Trending