Bali

Usung Konsep “Tri Hita Karana”, HUT ke-39 Srikandi Pemuda Pancasila Gelar Aksi Sosial

Denpasar, beritaterikini.co.id – Serangkaian HUT ke-39 Srikandi Pemuda Pancasila (PP), menjadi momentum untuk tetap berkarya di tengah masyarakat. Bahkan, kali ini, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Srikandi Pemuda Pancasila secara khusus menggelar kegiatan sosial yang menggempur daerah Jembrana untuk membantu pemulihan bencana pasca banjir dan tanah longsor. Kegiatan yang menerapkan dan mewujudkan konsep Tri Hita Karana itu, juga bersinergi untuk menyambut HUT ke-63 Pemuda Pancasila sekaligus HUT ke-34 Sapma PP yang satu komando menggelar berbagai kegiatan sosial.

Pada kesempatan itu, Ketua DPW Srikandi PP Provinsi Bali, Anak Agung Istri Yuli Savita Sari menurunkan ratusan Srikandi PP untuk melaksanakan aksi kemanusiaan, serangkaian HUT bersama Pemuda Pancasila yang mengusung konsep Tri Hita Karana untuk menjaga hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam sekitarnya. Sebagai wujud hubungan antara manusia dengan manusia serta alam dan lingkungan, pada Kamis (28/10/2022) dilakukan kegiatan bakti sosial ke Jembrana untuk membantu warga yang terkena musibah bencana banjir dan lonsor.

“Selanjutanya, dilakukan aksi bersih-bersih pantai di Atlas Beach Club, serta donor darah. Selain itu, juga dilakukan pelepasan Penyu Hijau,” kata Gek Yuli sapaan akrab Istri Ketua Umum KADIN Bali ini, seraya menambahkan sebagai hubungan dengan Tuhan dilaksanakan persembahyangan bersama ke Pura Batukatu, Tabanan, pada Jumat (28/10/2022). Diharapkan saat kondisi cuaca yang sangat ekstrim melanda di Bali sekarang ini, agar bencana tidak berdampak lebih parah lagi. Sembari menyambut ajang perhelatan dunia Presidensi KTT G20 di Bali yang mengusung tema ”Recover Together, Recover Stronger” atau “Pulih Bersama, Lebih Kuat”. “Kita ingin bersama-sama bertahan lebih kuat ke depan,” ujar wanita pengusaha yang menikah ke Kabupaten Klungkung ini.

Di samping itu, pihaknya juga ingin tetap menjaga semangat kaum Srikandi, usai mengadakan Muswil ke-2 PP Srikandi Bali baru-baru ini, karena Srikandi di pusat juga mengakan banyak kegiatan, seperti acara jalan santai. Sebelumnya, MPW PP Bali melaksanakan kegiatan yang berlandaskan Tri Hita Karana. Saat dikonfirmasi, Ketua Umum MPW PP Provinsi Bali masa bakti 2022-2027, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka menyampaikan kegiatan ini menunjuk surat MPN Pemuda Pancasila, agar setiap MPW melaksanakan kegiatan. Kegiatan awal MPW PP Bali dilaksanakan pada Jumat, 21 Okt 2022 dengan menggelar bhakti sosial dengan mengunjungi masyarakat yang terkena korban musibah banjir.

Sementara itu, kegiatan pada Sabtu, 8 Oktober 2022 bertepatan dengan puncak HUT, juga melaksanakan persembahyangan bersama ke Pura Batukaru Tabanan sebagai wujud hubungan manusia dengan Tuhan. Kegiatan yang kedua dilaksanakan pada Minggu, 23 Oktober 2022 melakukan aksi bersih pantai dan donor darah. Anak Agung Bagus Tri Candra Arka yang akrab disapa Cok Arka itu, mengaku sangat prihatin atas banjir bandang yang sebelumnyamenimpa warga, sehingga keluarga besar PP Provinsi Bali terpanggil untuk memberikan bantuan. “Kami sangat prihatin atas banjir bandang yang menimpa warga. Oleh karena itu, kami langsung menyambangi lokasi korban banjir, dengan membawa bantuan sembako diperuntukan kepada korban banjir yang tinggal di posko pengungsian,” katanya.

Pihaknya berharap melalui bantuan ini bisa membantu warga dan tentunya bermanfaat untuk kebutuhan warga korban terdampak banjir di posko pengungsian. Disebutkan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang sedang mendapat musibah, maka MPW PP Bali, bersama DPW Srikandi PP Bali, dan SAPMA PP Bali menyerahkan bantuan sembako, pakaian layak pakai dan obat-obatan serta perlengkapan MCK, kepada korban bencana banjir di Jembrana. Berdasarkan dari data BPBD Jembrana, ada sebanyak 3.245 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir pada Minggu (16/10/2022) dan Senin (17/10/2022). Ribuan KK itu tersebar di 35 desa/kelurahan dari 51 desa/kelurahan se-Jembrana. Di samping itu, juga ada tujuh jembatan dan dua jalan yang putus diterjang banjir.

Pada kesempatan itu,, Ketua SAPMA PP Bali, Cokorda Krisna Yudha, berharap bantuan yang diberikan bermanfaat bagi korban dan meringankan beban pemerintah dan korban banjir. Pihaknya siap mendukung secara moril dalam penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah Jembrana, maupun di tempat lain. Krisna Yudha mengatakan, kegiatan ini murni merupakan aksi kemanusiaan. Sekaligus serangkaian ulang tahun ke-63 MPW Pemuda Pancasila Bali, ulang tahun ke-39 DPW Srikandi PP Bali serta ulang tahun ke-34 SAPMA PP Bali. “Pada prinsipnya kami konsisten membantu kususunya masyarakat bali yang terkena bencana. Sehingga ada hubungan manusia dengan manusia yang kita kenal dengan Tri Hita Karana. Bantuan yang kita bawa itu, pakaian layak pakai, baik bayi maupun dewasa, obat obatan, alat MCK serta sembako. Ini kita lakukan untuk meringankan beban pemerintah dan beban korban,” ungkap Cokorda Krisna Yudha.

Di sisi lain, Koordinator Posko Pengungsian Kelurahan Tegal Cangkring, Made Suardiasa, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada warga terdampak banjir. “Terima kasih bantuanya ini. Kami dukung apa yang sudah dilakukan Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Bali, DPW Srikandi PP Bali, dan SAPMA PP Bali. Teruslah bekerja dan melaksanakan kegiatan sosial yang berdampak positif untuk masyarakat dimanapun berada. Semoga semakin maksimal dan ada mamfaat bagi masyarakat luas,” ucapnya. 021/002

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: