27, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Pilkada Desember 2020, KPUD Way Kanan Rencana Lanjutkan Tahapan Pada 15 Juni

2 min read

WAY KANAN, WWW.BERITATERKINI.CO.ID |Memasuki New Normal, tahapan dan persiapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Way Kanan, untuk menghadapi agenda pemilihan kepala daerah (PILKADA) 9 Desember 2020 pihaknya tengah menunggu regulasi peraturan dari KPU RI guna menjalankan tahapan pilkada.

Disampaikan oleh ketua KPU Kabupaten Way Kanan, Refki Dharmawan kepada awak media bahwa berdasarkan keputusan bersama dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Pemerintah Pusat, KPU-RI dan DPR-RI menyepakati jadwal pelaksanaan  Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020.

“Dari keputusan bersama melalui rapat dengar pendapat (RDP) antara Pemerintah, KPU dan DPR menyepakati pilkada dilaksanakan 9 Desember 2020.

Kami masih menunggu regulasi dari KPU-RI, Peraturan KPU nya belum keluar, tapi rencana tahapan akan dilanjutkan tanggal 15 juni nanti, tahapan yang akan dilanjutkan yaitu pengaktifan kembali Badan Adhock, PPK dan segera melantik PPS”, ungkap beliau (Refki Dharmawan-red), Kamis (11/6/2020).

Baca Juga :  Pastikan Wilayah Perbatasan Kondusif, Satgas Yonif RK 744 Dan Kepolisian Patroli Bersama

Ia melanjutkan, “rencana kita akan melakukan pelantikan PPS secara bergelombang dibagi perdapil, dengan menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti pengecekan suhu tubuh, social distancing, wajib mengunakan masker, mencuci tangan dan pembatasan jarak antar peserta yang akan dilantik”.

“Dalam kesepakatan antara DPR-RI, Pemerintah Pusat dan KPU, menyepakati juga pengurangan pemilih per-TPS untuk mengurangi penumpukan orang yang sebelumnya maksimal 800/TPS kini menjadi 500/TPS. Sehingga ada penambahan TPS dari 790 menjadi 991 TPS bertambah 201 TPS, dari pemecahan tersebut berimplikasi penambahan anggaran untuk honorarium serta biaya pembuatan TPS”, kata Refki.

Baca Juga :  Ahok Jawab Sindiran Rizal Ramli soal Kelas Glodok Masuk ke Pertamina

Dijelaskan juga oleh Ketua KPU Kab. Way Kanan bahwa pihaknya harus mempersiapkan perlengkapan alat pelindung diri (APD) dalam melaksanakan tahapan-tahapan pilkada mendatang.

“Dimasa pandemi tentunya kita harus menyiapkan perlengkapan alat pelindung diri (APD) untuk semua penyelengara, kita sudah berkordinasi dengan pemerintah daerah terkait penambahan anggaran untuk TPS dan perlengkapan APD untuk Penyelengara, pada minggu 7 juni yg lalu, pemerintah daerah siap untuk memenuhi APD untuk penyelengara, kami memang meminta pemenuhan APD dalam bentuk barang”, jelas beliau. /Redaksi/ryuz

Editor ; Eno

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *