Hukum

KPK Ikut Selidiki Kasus Dugaan Korupsi di PT Asabri yang Rugikan Negara Rp 10 Triliun

JAKARTABERITATERKINI.co.id – Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan pihaknya sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) yang berpotensi merugikan negara Rp10 triliun.

“Sudah kita sepakat. Kemarin saya dan empat pimpinan datang ke BPK. Ketemu dengan ketua, wakil ketua, dan anggota BPK. Kita bahas kita lakukan penyelidikan bersama,” ujar Firli saat berkunjung ke Gedung Transmedia, Jakarta, Kamis (16/01/2020).

Menurut dia, KPK meminta BPK melakukan audit investigasi untuk menghitung berapa kerugian negara.

“Penegakan hukum itu harus bersinergi sebagaimana saya sampaikan bahwa ada proses pertama penyelidikan. Kita sudah melakukan koordinasi, diskusi, pembahasan dengan kawan-kawan BPK,” kata dia.

“Jadi dari kita akan berbarengan, KPK melakukan penyelidikan, dan BPK melakukan audit investigasi. Sehingga kita tentu harus melakukan kerja sama dengan BPK yang memang memiliki kewenangan untuk menentukan terkait dengan kerugian keuangan negara,” kata Firli.

Diketahui kasus dugaan korupsi PT Asabri mencuat usai Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan kerugian negara perusahaan asuransi plat merah itu mencapai triliunan rupiah.

“Modus operandinya sama (dengan Jiwasraya). Akan mungkin ada beberapa orangnya yang sama,” ujar Mahfud di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (13/01/2020).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: