1, Desember 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

ARMADA KERETA API PENYELAMAT SANG PROKLAMATOR

1 min read

WWW.BERITATERKINI.CO.ID,
Presiden Soekarno dalam perjuangan menuju kemerdekaan tak lepas dengan kereta api, dimana pada waktu itu kereta api menjadi alat angkut utama sang proklamator.

Saat situasi Jakarta semakin tidak aman karena Belanda yang datang kembali dengan membonceng tentara sekutu berupaya menangkap Soekarno-Hatta. Kereta api menjadi pilihan terbaik untuk membawa rombongan pemimpin Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta.

Soekarno, Hatta, dan beserta menteri kabinet berangkat mengunakan kereta api dengan jadwal khusus yang dirahasiakan, pada 3 Januari 1946.
“Perjalanan hijrah itu dilakukan dengan kereta api luar biasa (KLB). Tetapi karena gawatnya situasi, kepergian rombongan harus dilakukan secara diam-diam.

Baca Juga :  Dirum Kodiklatal Terima Kunjungan Kerja Pejabat Lembaga Pendidikan STIN

Sejak sore tampak ada rangkaian kereta api bergerak maju-mundur di lintasan rel yang terletak di belakang rumah kediaman Bung Karno, jalan Pengangsaan Timur 56.

Mereka harus lalui pagar kawat berduri untuk sampai pada kereta api yang sudah tersedia,” kenang Fatmawati Soekarno dalam buku Fatmawati Soekarno, Ibu Negara (2008).

Bung Karno disambut rakyat Blitar, Jawa Timur, saat tiba di stasiun dengan kereta api luar biasa (KLB), April 1947.
(Red/AJ)

Baca Juga :  Guna Wujudkan Pengobatan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat, LAAGI Dan IKA UKMC Gelar Rapat Pembahasan Teknis Kegiatan

Penulis : Boy A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *