Pendidikan

Dewan Pendidikan dan Disdik Sergai Gelar Monitoring Bersama untuk Pastikan Siswa Belajar dari Rumah

Tim 1 yang terdiri dari Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM, Kabid Pembinaan SMP Sujarwo, Kasi PDPK SMP Ahmad Thauhid, Ketua Dewan Pendidikan Agus Marwan, S.IP., M.SP, Sekretaris Abdul Firman, S.Pd., M.Si dan Anggota Dewan Pendidikan Murti Anugrah, S.Sos, Senin (11/5/2020) melaksanakan monitoring di sejumlah sekolah dan rumah siswa di Kecamatan Silinda dan Kotarih.

Di Kecamatan Silinda, Tim 1 mengunjungi SD Swasta Silinda dan SMP YP Silinda. Sedangkan di Kecamatan Kotarih mereka mengunjungi SDN 101984 dan SMPN 1 Kotarih. Di dua kecamatan itu, Tim 1 melakukan dialog dengan kepala sekolah dan guru terkait model pembelajaran daring yang dilaksanakan sekolah selama masa pandemi Covid-19.

Selain mengunjungi sekolah, Tim 1 juga mendatangi rumah-rumah siswa guna memastikan anak belajar di rumah, melihat potensi dan kendala yang dihadapi selama belajar di rumah, serta mengedukasi siswa dan orang tua terkait wabah Covid-19.

Di sela kunjungan monitoring itu, Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM mengaku gembira dengan komitmen sekolah dalam melaksanakan program belajar di rumah selama masa pandemi Covid-19.

Dikatakannya, sekolah-sekolah khususnya kepala sekolah dan guru melaksanakan model pembelajaran daring dengan sangat baik meskipun ada beberapa kendala teknis seperti ketiadaan jaringan internet di sejumlah desa tempat tinggal siswa dan fasilitas ponsel android para orang tua siswa.

“Kami sangat gembira dengan komitmen sekolah khususnya para kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Sejauh ini pembelajaran daring berjalan cukup baik meski ada beberapa kendala teknis di lapangan seperti ketiadaan jaringan internet maupun fasilitas android para orang tua,” ungkap Joni.

“Namun kendala-kendala itu diatasi dengan berbagai kegiatan inovasi yang dilakukan para guru,” tambah pria yang akrab disapa Bang JW itu.

Kadisdik juga memberikan motivasi kepada jajaran sekolah, siswa maupun para orang tua untuk mensukseskan program belajar di rumah. Dia juga meminta untuk selalu melaksanakan protokoler kesehatan selama pandemi Covid-19.

Kepala sekolah SD Swasta Silinda Sarmila, S.Pd mengungkapkan, bahwa pihaknya menyiasati ketiadaan jaringan internet di sejumlah desa tempat tinggal para siswa dengan menugaskan guru laki-laki untuk mengantarkan langsung materi pelajaran maupun kisi-kisi soal ke rumah para siswa.

Sementara itu lanjut Sarmila, model pembelajaran daring dilaksanakan dengan membentuk grup whatsapp beranggotakan seluruh siswa dalam satu kelas. Grup whatsapp ini dipandu oleh wali kelas dan diawasi oleh kepala sekolah.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sergai Agus Marwan, S.IP., M.SP mengatakan, bahwa kegiatan monitoring ini sebagai upaya menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Sergai Ir. H. Soekirman terkait siswa belajar di rumah selama pandemi Covid-19.

Selama pelaksanaan monitoring di dua kecamatan itu, Tim 1 didampingi oleh Korwil Disdik Silinda/Kotarih Drs. Panut, Kepala SD Swasta Silinda Sarmila, S.Pd., Kepala SMP YP Silinda Tara Wilma Barus, SE, Kepala SDN 101984 Kotarih Saragih, Kepala SMPN 1 Kotarih Drs. Ojak Gultom, serta sejumlah guru dan komite masing-masing sekolah.

(M-01)

Related Articles

3 Comments

  1. After looking over a handful of the blog articles on your blog, I truly appreciate your technique
    of blogging. I book-marked it to my bookmark site list and will be
    checking back in the near future. Take a look at my web
    site as well and let me know how you feel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: