1, Desember 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Menaker Ida Ajak Buruh Perempuan Pabrik Rokok Goyang Senam

2 min read

MOJOKERTO, WWE.BERITATERKINI.CO.ID- Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyosialisasikan senam pekerja sehat kepada pekerja perempuan pabrik rokok di PT Ittihad Rahmat Utama, Mojokerto, hari Sabtu (07/11/2020). Senam ini merupakan bagian dari Gerakan Pekerja Sehat (GPS) di tempat kerja.

“Saya mendorong pekerja sehat itu dilakukan oleh teman-teman, mudah-mudahan kebiasaan untuk menjadi pekerja yang sehat itu tidak hanya di kondisi pandemi covid-19 ini” kata Menaker Ida Fauziah.

Menurut Menaker Ida, hal ini dilakukan untuk mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tempat kerja dan kediaman para pekerja. Kegiatan ini diharapkan juga dapat mewujudkan budaya hidup sehat, serta tempat kerja yang aman, produktif, dan beradaptasi dengan kondisi kebiasaan baru.

Baca Juga :  Tak Kenakan Masker, Sejumlah Warga Dapat Hukuman Push Up

“Tadi saya melihat secara langsung protokol kesehatan mulai dari pekerja itu datang ke sini dan tempat kerja, dan saya juga mendapatkan penjelasan dari Pak Dirutnya bahwa perilaku hidup sehat bersih dimulai dari rumah,” kata Menaker Ida.

GPS merupakan implementasi K3 bidang kesehatan kerja dalam membudayakan hidup sehat di tempat kerja dengan fokus kegiatan antara lain promosi Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tempat kerja; aktivitas fisik/Olahraga di tempat kerja; promosi gizi seimbang di tempat kerja; deteksi dini penyakit pada pekerja; sarana Menyusui di tempat kerja; tempat kerja tanpa asap rokok; dan penggunaan Alat Pelindung Diri untuk melindungi pekerja dari bahaya kerja.

Baca Juga :  KPK Gagal Geledah Kantor PDIP, Bambang Widjojanto Sebut Dalang Suap Komisioner KPU Dilindungi

“Serta implementasi P3K di tempat kerja untuk penanganan kondisi darurat terhadap kecelakaan dan penyakit akibat kerja,” jelasnya.

Dalam kesempatan kali ini, Menaker Ida juga menyerahkan bantuan paket Medical Check Up bagi 300 pekerja PT Ittihad Rahmat Utama.

Paket ini terdiri dari pemeriksaan Asam Urat; pemerikssaan Darah; dan pemeriksaan Kolestrol. (Red/AJ)

Penulis : Boy A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *