Berita

NASA Rekam Badai Mengerikan Sebesar Wilayah Texas di Planet Jupiter

JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Badan Penerbangan dan Antariksa Ameriksa Serikat (NASA) merilis sebuah foto yang memperlihatkan sebuah badai besar di kutub selatan Planet Jupiter melalui pesawat Juno.

Juno telah mengorbit di Jupiter sejak 2006 dan sudah pernah merekam badai sejenis sebelumnya, tapi kali ini ada perbedaan.

Juno juga pernah merekam enam badan mengerikan yang terjadi di Planet Jupiter melalui bentuk pentagon.

“Tampaknya badai kutub tersebut merupakan bagian dari klub privat yang menolak datangnya anggota baru,” kata Scott Bolton, peneliti utama Juno yang dikutip Beritaterkini.,co.id dari Yahoo News.

Para ilmuwan terkejut karena badan yang terjadi besarnya bisa mencapai wilayah Texas. Sedang pusat badai yang masif, besarnya diperkirakan seperti besarnya wilayah Amerika Serikat.

“Siklon tersebut adalah fenomena cuaca baru yang belum pernah terlihat atau diprediksi sebelumnya,” kata Cheng Li, ilmuwan Juno yang lain.

“Kami mulai memahaminya melalui observasi dan simulasi komputer. Misi Juno berikutnya akan membantu menambah pemahaman kami dengan mengungkap bagaimana siklon itu berkembang seiring waktu,” tambahnya.

Dengan tambahan badai itu, maka formasinya menjadi hexagon. Angin yang bergerak di badai diperkirakan tembus 362 kilometer per jam, lebih cepat dibanding siklon manapun yang tercatat di Bumi.

Misi kali ini hampir saja mematikan bagi Juno. Jalur yang dilaluinya sempat membuat Juno hampir terjebak dalam bayangan Jupiter selama 12 jam. Hal tersebut berpotensi fatal lantaran Juno sumber dayanya bergantung pada sinar Matahari. Untungnya, ilmuwan NASA sukses melakukan manuver sehingga lolos dari bayangan Jupiter.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: