Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 Pertama dari Labuhanbatu Ditemukan, Berikut Kronologis Perjalanannya

LABUHANBATU – BERITATERKINI.CO.ID – Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) Ir. Andi Suhaimi, MT pagi tadi Minggu (12/4/2020) menyampaikan konferensi pers terkait kronologis pasien positif Covid-19 pertama asal Labuhanbatu berinisial R boru M umur 61 tahun.

Berikut kronologisnya:

  1. Tanggal 3 Maret 2020, kasus bersama suaminya pergi ke Tebing Tinggi melayat keluarga yang kemalangan. Disana kasus berkumpul dengan keluarganya, termasuk yang dari Jakarta.
  2. Tanggal 4-15 Maret 2020, kasus dan suami berada di Aek Nabara, Labuhanbatu.
  3. Tanggal 15 Maret 2020, kasus membawa suami kontrol ke Medan dengan riwayat hipertensi.
  4. Tanggal 5 April 2020, suami dinyatakan PDP Covid-19 di RS Elisabeth Medan dengan riwayat demam. Mulai tanggal 20 Maret, kasus dinyatakan kontak dengan PDP.
  5. Tanggal 5 April 2020, kasus dan suami diambil spesimen untuk test SWAB.
  6. Tanggal 11 April 2020, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, kasus dinyatakan positif Covid-19, dan suami dinyatakan negatif.
  7. Saat ini kasus dan suami dirawat di RS Elisabeth Medan.
  8. Orang-orang yang sempat kontak dengan kasus sebelum berangkat ke Medan Tanggal 5 Maret ada 2 orang, yaitu E boru M adil kandung kasus, dan A umur 27 tahun karyawan kasus asal Simpang Gapuk.

Terkait dengan kasus Covid-19 pertama di Labuhanbatu ini, Tim Gugus Penanggulangan Covid-19 telah melakukan langkah2 sebagai berikut:

  1. Identifikasi orang yang pernah kontak dengan kasus.
  2. Melakukan penyenprotan disinfektan di rumah dan lingkungan sekitar kasus.
  3. Isolasi rumah tempat tinggal kasus.
  4. Isolasi dan semprotkan disinfektan tempat usaha kasus.

Tim gugus juga menyampaikan agar kiranya masyarakat Labuhanbatu jangan panik, tetap selalu waspada, jangan keluar rumah bila tidak perlu sekali, tetap jaga jarak, memakai masker bila keluar rumah, jaga kebersihan dan sering cuci tangan, dan banyak minum air putih serta menjaga imunitas tubuh

(M-01)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: