BaliBeritaHukumKeamananPendidikanPeristiwaTabanan

Kalapas Tabanan Evaluasi Kinerja Semester I, Susun Langkah Strategis Hadapi Tantangan Semester II

beritaterkini. co. id-TABANAN | Dalam upaya meningkatkan kualitas tata kelola pemasyarakatan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan, Prawira Hadiwidjojo, menggelar rapat evaluasi capaian kinerja semester I bersama jajaran pejabat struktural dan tenaga medis Lapas pada Senin (28/07). Evaluasi ini menjadi dasar penyusunan strategi peningkatan kinerja pada semester II tahun 2025.

Dalam rapat yang berlangsung di ruang rapat utama Lapas, Kalapas Prawira menegaskan pentingnya refleksi terhadap capaian kinerja sebagai landasan memperkuat strategi ke depan. “Evaluasi ini memberikan gambaran menyeluruh tentang program kerja yang telah berjalan dan hambatan yang dihadapi. Dari situ kita susun strategi untuk memaksimalkan capaian pada semester berikutnya,” jelasnya.

Beberapa fokus utama yang ditekankan adalah peningkatan kewaspadaan dan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), penegakan kedisiplinan internal petugas, serta penguatan komunikasi lintas seksi.

“Laksanakan deteksi dini secara aktif, bukan hanya reaktif. Pastikan juga seluruh hak dan kewajiban Warga Binaan disosialisasikan dengan jelas untuk menghindari kesalahpahaman. Komunikasi antar seksi juga harus diperkuat untuk menciptakan sinergi yang solid,” ujar Prawira.

Tak hanya itu, Lapas Tabanan juga menyiapkan beberapa inovasi layanan, seperti pembangunan depo air minum berbasis teknologi Reverse Osmosis dan penyediaan fasilitas cuci ompreng dengan pemanas air. Langkah ini merupakan bagian dari peningkatan standar pelayanan bagi WBP.

Menjelang pertengahan Agustus, Lapas Tabanan juga akan melaksanakan program rehabilitasi pemasyarakatan khusus bagi Warga Binaan penyalahguna narkotika, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemulihan dan reintegrasi sosial.

Prawira menutup rapat dengan menegaskan bahwa evaluasi dan penyusunan strategi ini merupakan komitmen Lapas Tabanan dalam mewujudkan sistem pemasyarakatan yang efektif, akuntabel, dan humanis. “Kami akan terus bergerak dengan semangat progresif untuk menghadirkan layanan publik yang lebih berkualitas,” tandasnya.(kyn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: