Nasional

Warga Lokal Protes, Tanpa PKKPRL BTID Sedot Pasir untuk Proyek Pelabuhan Marina

Denpasar, beritaterkini.co.id – PT Bali Turtle Island Development (BTID) kabarnya tengah merencanakan pembangunan Pelabuhan Marina di Pulau Serangan, Denpasar Selatan, Denpasar. Namun, rencana ini berdampak pada ekonomi para nelayan Serangan, dan tidak hanya itu, setiap harinya terjadi pengerukan atau penyedotan pasir yang dilakukan oleh 10 kapal tongkang. Padahal sebelumnya, BTID sudah mendapat sororan, karena telah mengajukan izin untuk Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) agar bisa menguasai laut dan pantai termasuk darat Pulau Serangan secara penuh. Rencana PKKPRL yang diajukan mengelilingi pulau Serangan itu, akan mencaplok kedaulatan masyarakat di Desa Adat Serangan. Karena itu, pengerukan pasir untuk membangun Pelabuhan Marina di Serangan dikeluhkan oleh Usman, salah satu warga Serangan yang bekerja sebagai nelayan dan peternak. Dia mengungkapkan keprihatinannya terkait dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh proyek tersebut akan sangat merugikan warga lokal. Terlebih lagi, pengerukan pasir ini dilakukan oleh 10 kapal tongkang.

Usman belum lama ini, menyoroti bagaimana pembangunan pulau ini menyebabkan perubahan signifikan dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal. Selain itu, kata dia pengerukan pasir ini juga telah berdampak pada kualitas air di sekitar Sanur hingga Nusa Dua. Airnya menjadi keruh, dan orang-orang yang mencari ikan gurita juga menghadapi kesulitan karena terdapat penimbunan lumpur. Usman menggambarkan bahwa aktivitas pengerukan ini berlangsung secara aktif, dengan kapal tongkang yang terus mengangkut material hasil kerukan. Lumpur yang dihasilkan dibuang di dekat pulau, yang mengganggu kehidupan laut dan biota di sekitarnya. “Hasil kerukan dibuang sampai sekarang, selama pengerukan di pelabuhan pendalaman ya masih, masih aktif kapal tongkang yang mengangkut material, malam biasanya buangnya ke berapa mil, buang jauh, ini deket deket pulau,” ungkapnya. Dia juga menyebutkan bahwa biaya sewa kapal untuk mancing telah meningkat hingga mencapai Rp800 ribu yang menyebabkan konflik antara pemancing.

Ia merasa bahwa meskipun proyek pembangunan ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ekonomi daerah, masyarakat lokal justru merasa kesulitan dan terhambat dalam melakukan aktivitas mereka. Kendala yang dihadapi oleh nelayan lokal yang mencoba mencari nafkah di laut kata dia saat ini mereka menghadapi berbagai pembatasan, seperti penyitaan KTP dan pemeriksaan sepeda motor mereka. Seperti dirinya yang mengaku mengalami kesulitan dalam mencari pakan untuk ternaknya di dalam kawasan KEK. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pulau Serangan yang dibangun oleh PT BTID kini rencananya mereka akan membangun proyek Pelabuhan Marina di Pulau ini (Wids Modestys). Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pulau Serangan yang dibangun oleh PT BTID kini rencananya mereka akan membangun proyek Pelabuhan Marina di Pulau ini (Wids Modestys). Usman menekankan bahwa meskipun dia mendukung program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan perkembangan desa, penting untuk memastikan bahwa perkembangan ini tidak merugikan masyarakat lokal.

Dia mengungkapkan bahwa sebelumnya dia telah mengusulkan pembuatan akses khusus untuk nelayan, tetapi kebutuhan ini belum terpenuhi. Dampak dari proyek BTID ini terasa sangat signifikan bagi masyarakat Serangan, termasuk para nelayan dan peternak. Mereka berharap ada solusi yang dapat mendukung perkembangan daerah mereka tanpa mengorbankan mata pencaharian dan kualitas lingkungan. Di lain sisi, Ketut Sudana salah satu nelayan asal Serangan belum lama ini, juga mengutarakan supaya ke depan ada akses melintas untuk melaut para nelayan Serangan. “Saya ini sebagai nelayan, mari kita bersatu masyarakat semua. Jangan nge-blonk-blonk dengan masyarakat tertentu, saya hanya ingin akses jalan masuk melaut saja,” tegasnya. Sementara itu, I Nyoman Turut sebagai Kepala Lingkungan (Kaling) Banjar Tengah Serangan mempertanyakan semasih PT BTID belum bergerak membangun, apakah masyarakat Serangan tidak dapat masuk dan mencari makan di sekitar areal perairan?

“Masyarakat sekarang butuh kepastian, supaya tidak terkena hukum Pak. Masyarakat ingin tentunya maju, apalagi Pulau Serangan ini airnya mengalami masalah tidak jernih. BTID juga supaya memiliki kebijakan, terlebih warga masyarakat kami didominasi sebagai nelayan. Siapapun yang berkepentingan di Serangan, mari bergandengan tangan,” katanya. Secara terpisah, Kepala Komunikasi dan Hubungan Masyarakat PT BTID, Zakki Hakim menegaskan BTID sebagai Badan Usaha Pembangun dan Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura Bali berusaha meluruskan kekeliruan pada pembayaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain itu dikatakan, masyarakat sebagai nelayan tradisional tetap bisa berkegiatan seperti biasa. Kecuali, nelayannya berubah menjadi badan hukum atau badan usaha. Ia juga menepis isu miring terkait permasalahan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL), dimana dikabarkan BTID berkeinginan menguasai wilayah laut dan Pulau Serangan secara keseluruhan.

“Jadi tidak benar dikatakan adanya pengaturan dan pembatasan akses masuk masyarakat nelayan tradisional. Justru Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) itu adalah aturan yang datang dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” ungkap Zakki kepada wartawan. Selain itu, Zakki menegaskan bahwa pengajuan PKKPRL tersebut adalah untuk pengusahaan ruang laut, bukan penguasaan ruang laut. “Masyarakat nelayan tradisional seharusnya tidak terdampak dari kebijakan pemerintah ini, karena kebijakan ini diarahkan agar pemerintah pusat dapat menarik PNBP dari para pengusaha, badan usaha atau badan hukum yang melakukan kegiatan ekonomi di ruang laut, dan tidak menarik PNBP dari nelayan,” pungkasnya. Perlu diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperketat aturan main dalam pemanfaatan Pulau-pulau Kecil di Indonesia. Salah satunya, melarang penguasaan pulau secara utuh. Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, KKP, Muhammad Yusuf menegaskan bahwa investor tak dapat menguasai satu pulau secara utuh.

Hal ini tertuang dalam Pasal 11 Peraturan Presiden No.34 Tahun 2019, Pasal 10 Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No.8 Tahun 2019 serta Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN No.17 Tahun 2016. Namun sayangnya aturan terbaru itu, nyatanya tidak akan digubris atau diikuti oleh PT Bali Turtle Island Development (BTID) yang mengelola lahan reklamasi Kura Kura Bali seluas 498 hektar di Pulau Serangan, Denpasar yang dampaknya sudah tidak harmonis dengan warga Desa Adat Serangan. Kabarnya, BTID telah mengajukan izin untuk Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) untuk menguasai laut dan pantai termasuk darat Pulau Serangan secara penuh. Rencana PKKPRL yang diajukan mengelilingi pulau Serangan itu, akan mencaplok kedaulatan masyarakat di Desa Adat Serangan. Padahal sesuai aturan yang ditetapkan Pemerintah dalam pemanfaatan pulau-pulau kecil paling sedikit 30 persen dari luas pulau dikuasai langsung oleh negara, paling banyak 70 persen dari luas pulau dapat dimanfaatkan pelaku usaha, dan pelaku usaha wajib mengalokasikan paling sedikit 30 persen dari luasan lahan yang dimanfaatkan untuk ruang terbuka hijau. 021/002

 

Related Articles

158 Comments

  1. you are actually a excellent webmaster. The website loading speed is amazing.

    It seems that you are doing any distinctive trick.
    Furthermore, The contents are masterwork. you have done a great task on this topic!

  2. Undeniably believe that which you said. Your favorite justification appeared to be on the internet
    the simplest thing to be aware of. I say to you, I
    definitely get annoyed while people think about worries that they plainly do not know about.
    You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side effect ,
    people could take a signal. Will probably be back to
    get more. Thanks

  3. Hello, Neat post. There is a problem together with your website in internet explorer, might check this?

    IE still is the marketplace chief and a good element of other folks will leave out your excellent writing because of this
    problem.

  4. Wow that was odd. I just wrote an extremely long comment but after I clicked submit
    my comment didn’t show up. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyway, just wanted to say fantastic blog!

  5. Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your website is wonderful, let
    alone the content!

  6. I’m really enjoying the design and layout of your website.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here and visit more often. Did you hire out
    a designer to create your theme? Great work!

  7. When some one searches for his essential thing, thus he/she
    desires to be available that in detail, therefore that thing is maintained over here.

  8. Legal gambling in Soufh Korea limits itself to the lottery, horse racing,
    basketball, and a handful of other games.

    Also visit my blog post … new

  9. I do not even understand how I finished up right here,
    however I believed this put up was good. I don’t understand who you’re but definitely you’re going to
    a well-known blogger should you are not already. Cheers!

  10. Can I just say what a comfort to discover someone that really knows what they’re discussing over the internet.
    You definitely realize how to bring a problem to light and make it important.

    More people should read this and understand this side of your story.
    It’s surprising you’re not more popular because you most certainly possess the gift.

  11. Hey, I think your blog might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog site in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer,
    it has some overlapping. I just wanted to give you a quick
    heads up! Other then that, excellent blog!

  12. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any
    widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
    I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping
    maybe you would have some experience with
    something like this. Please let me know if you run into
    anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to
    your new updates.

  13. It’s truly a nice and helpful piece of information. I’m satisfied that
    you just shared this useful information with us.
    Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

  14. Good post. I learn something totally new and challenging on websites I stumbleupon everyday.
    It’s always interesting to read through content
    from other authors and use a little something from other web sites.

  15. After going over a number of the blog posts on your site, I
    truly like your technique of blogging. I saved as a favorite it to my bookmark webpage list
    and will be checking back soon. Please visit my website as
    well and tell me your opinion.

  16. Nice post. I was checking continuously this blog and
    I am impressed! Extremely helpful info particularly the last part :
    ) I care for such information much. I was seeking this particular info for a long
    time. Thank you and good luck.

  17. Promoting via social networks is becoming a vital component of all marketing plan. In the modern online world, neglecting the power of platforms like Instagram, Facebook, Twitter, and Pinterest.
    These platforms offer unique chances to engage with
    millions of users worldwide.

    1. Building a Solid Foundation

    To succeed in social media marketing, companies need to initially
    create a strong presence on their selected platforms. This involves setting up professional profiles that reflect the business’s ethos and message.

    Coherent brand imagery, which includes icons, color palettes, and style, is
    key. It ensures in establishing awareness and credibility among followers.

    2. Content is King

    Producing high-quality posts is the core of social media marketing.
    Content should be pertinent to the audience’s interests and provide value.

    This might involve informative articles, viral content, and compelling photos.
    Regular posting ensures the followers interested and encourages participation.

    3. Collaborating with Influencers

    Collaborations with influencers has attained immense traction in recent
    years. Content creators have built loyal fans that
    believe in their endorsements.

    Through collaboration with appropriate influencers, businesses can access new audiences and enhance their credibility.

    It’s essential to choose influencers who match the brand’s values and market.

    4. Utilizing Analytics

    Online sites offer a abundance of data that can be utilized to improve marketing strategies.

    Reviewing engagement rates, audience size, and customer actions enables companies to grasp
    what is effective and what isn’t.

    These metrics can direct upcoming campaigns,
    making sure actions are more targeted and effective.

    5. Paid Advertising

    While organic reach is important, investing in paid advertising
    can dramatically improve reach on social media.

    Networks such as Facebook, Instagram, and LinkedIn provide various promotional opportunities to
    suit various financial plans and targets.

    These ads can focus based on user interests, locations, and user behavior, ensuring
    they reach the ideal customers.

    6. Fostering Community

    Engagement is essential to establishing an engaged following on social media.
    Interacting with messages, appreciating retweets, and joining discussions aids build
    strong connections with audience members.

    This humanizes the brand and promotes an atmosphere of togetherness, resulting in increased retention.

    Conclusion

    Social media marketing is an ongoing journey that needs commitment, originality,
    and detailed preparation. By emphasizing establishing a strong presence,
    creating high-quality material, leveraging influencers, monitoring performance,
    investing in paid ads, and engaging with the audience,
    businesses can achieve significant results in the dynamic world of social media marketing.

  18. An outstanding share! I have just forwarded this onto
    a friend who has been doing a little research on this. And
    he in fact ordered me dinner simply because I found it for
    him… lol. So let me reword this…. Thanks for the meal!!
    But yeah, thanks for spending the time to discuss this topic here on your internet site.

  19. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post
    was good. I do not know who you are but certainly you’re going to
    a famous blogger if you aren’t already 😉 Cheers!

  20. Do you have a spam problem on this website; I also
    am a blogger, and I was curious about your situation; we have developed some nice procedures and we are
    looking to trade methods with others, why not shoot me an e-mail if interested.

  21. Wonderful blog! I found it while browsing on Yahoo News.
    Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a while but I never seem to get there!
    Appreciate it

  22. Thanks for the auspicious writeup. It in truth used to be a enjoyment account it.
    Look complicated to more added agreeable from you!
    However, how can we be in contact?

  23. I do trust all of the concepts you’ve presented in your post.

    They are very convincing and can definitely work. Nonetheless, the posts are too quick for starters.
    May you please lengthen them a bit from next time?
    Thanks for the post.

  24. My spouse and I stumbled over here different web
    page and thought I should check things out. I like what I see so now i am following you.
    Look forward to looking at your web page again.

  25. You can definitely see your expertise in the article you write.

    The world hopes for more passionate writers
    like you who are not afraid to mention how they believe.
    Always go after your heart.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: