Berita

Inilah Makanan yang dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Ketika daya tahan tubuh dalam kondisi baik, penyakit akan dengan mudah dihalau. Meski demikian, daya tahan tubuh memerlukan dorongan agar selalu terjaga dalam tingkat yang baik. Salah satunya adalah melalui makanan. Bukan sembarang makanan, pilihlah makanan sehat yang kaya manfaat ya.

Dilansir dari Klik Dokter, berikut makanan sehat yang bisa meningkatkan kemampuan sistem daya tahan tubuh atau imunitas dalam melawan infeksi.

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan yang kaya vitamin dan mineral. Sayuran ini juga mengandung vitamin A, C, E, antioksidan, serta serat dan tergolong menjadi salah satu makanan tersehat.

Kunci untuk mempertahankan ‘kekuatan’ brokoli adalah proses pengolahan yang minimal, atau lebih baik lagi, tidak dimasak sama sekali. Anda bisa menyajikannya untuk keluarga untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Jahe

Jahe dikenal akan kemampuannya untuk membantu meringankan gejala akibat proses peradangan, seperti radang pada tenggorokan dan bagian tubuh lainnya.

Jahe juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan, termasuk mengurangi rasa mual, mengatasi nyeri, serta membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Stroberi

Stroberi kaya akan antioksidan dan mengandung vitamin C. Stroberi juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang dapat turut membantu memelihara kesehatan Anda.

4. Buah citrus

Buah citrus, seperti jeruk dan lemon, adalah sumber vitamin C. Manfaat vitamin C adalah membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C diduga meningkatkan produksi sel darah putih. Ini adalah kunci untuk memerangi infeksi.

Lemon dan jeruk juga kaya akan senyawa yang disebut bio-flavonoid, yang bertugas membunuh radikal bebas penyebab kanker. Makan atau menambahkan perasan buah masam ini ke dalam minuman ampuh untuk melindungi tubuh ancaman kuman penyakit.

5. Yoghurt

Dengan rasa asam yang khas, yoghurt ternyata juga bisa dijadikan pilihan yang baik untuk membantu meningkatkan imunitas. Yoghurt mengandung bakteri yang baik bagi saluran pencernaan.

Selain itu, yoghurt kaya akan vitamin D yang meregulasi sistem daya tahan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

6. Teh hijau

Sudah sejak lama diketahui bahwa teh hijau punya kandungan flavonoid, yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Minuman ini juga mengandung kadar epigallocatechin gallate (EGCG) yang cukup tinggi, yang bermanfaat dalam menunjang fungsi kekebalan tubuh.

7. Ubi merah

Ubi merah diketahui memiliki vitamin A dan E yang pada akhirnya dapat mengoptimalkan produksi hormon melatonin. Hormon ini dapat berperan sebagai antioksidan andal yang menjaga kesehatan sel dan sistem saraf otak.

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: