Daerah

Sambut Kebijakan Nadiem, Disdik Sergai Adakan Coffee Morning Merdeka Belajar

PANTAI CERMIN – BERITATERKINI.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Serdang Bedagai (Sergai) dibawah kepemimpinan Kadisdik Drs. Joni Walker Manik, MM melakukan gerak cepat dalam menyikapi gagasan “Merdeka Belajar” dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Untuk menyikapi gagasan itu, Disdik Sergai mengundang jajaran maupun stakeholder pendidikan lainnya dalam kegiatan yang bertajuk “Coffee Morning”, Rabu (18/12/2019) di Woong Rame Resort, Pantai Cermin.

Diskusi yang dikemas dalam suasana santai ditengah semilir angin pantai dan suara deburan ombak itu dipandu oleh Sekretaris Dewan Pendidikan Sergai Abdul Firman, S.Pd., M.Si dengan menghadirkan narasumber Kadisdik Drs. Joni Walker Manik, MM, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, S.IP, Founder TMC Indonesia H. Taslim Moeis, S.Psi., CBA., MBA dan pimpinan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab. Sergai Anwar Effendi Siregar, Edi Sahputra dan Robert Banjarnahor.

Kadisdik Drs. Joni Walker Manik, MM dalam paparannya mengungkapkan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menggali respon dan masukan dari para peserta yang terdiri dari Korwil, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru Inti dan Fasilitator Daerah se-Kab. Sergai terkait gagasan Merdeka Belajar dari Mendikbud Nadiem Makarim.

Dikatakannya, seluruh jajaran Disdik Sergai harus siap melaksanakan gagasan Merdeka Belajar yang berisi 4 perubahan mendasar terkait USBN, Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) zonasi.

“Saya minta seluruh jajaran Disdik Sergai khususnya para Kepala Sekolah dan Guru untuk bergerak cepat dalam menyikapi gagasan Merdeka Belajar. Berikan layanan pendidikan dan lakukan yang terbaik di sekolah,” ujar Kadisdik.

Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, S.IP mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada Disdik Sergai atas inisiatif cepat yang dilakukan.

“Bisa jadi Sergai adalah kabupaten pertama di Sumut yang langsung merespon dan menggali gagasan Mas Menteri (Nadiem Makarim) dengan melibatkan jajaranya. Rasa salut dan bangga kami kepada pak Kadis Joni Walker Manik beserta seluruh tim Disdik atas upaya dan komitmen yang tinggi dalam membangun pendidikan Sergai,” kata Agus Marwan.

Dia mengatakan, bahwa Merdeka Belajar memberikan otonomi yang lebih luas kepada sekolah dan guru untuk berkreatifitas. Dicontohkannya dalam hal RPP, kedepan RPP lebih disederhanakan dan lebih simpel yang memuat tujuan, langkah kegiatan dan penilaian. Guru diberi ruang yang luas untuk mendesain RPP.

Founder TMC Indonesia H. Taslim Moeis, S.Psi., CBA., MBA menyinggung tentang “Sekolah yang Menyenangkan (Happy School)”. Dikatakannya, gagasan Merdeka Belajar sangat berbanding lurus dengan cita-cita mewujudkan sekolah yang menyenangkan.

Sementara itu Anwar Effendi Siregar, Edi Sahputra dan Robert Banjarnahor dari PWI Sergai menyatakan komitmen pihaknya untuk membantu Disdik Sergai dalam melaksanakan sosialisasi gagasan Merdeka Belajar.

(AM)

Related Articles

2 Comments

  1. I was recommended this website by way of my cousin. I’m no longer sure whether or not this put up is written by way of him as no one else understand such certain about my problem. You are incredible! Thank you!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: