JAKARTA – BERITATERKINI.co.id – Waketum Partai Demokrat, Syarief Hasan meyakini bahwa anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkotsar tidak akan berserangan dengan para Komisioner KPK periode 2019-2023.

“Enggak (akan berseberangan). Saya pikir dewas ini kan kolektif, enggak sendiri-sendiri. Tentu kerja Artidjo saat di MA berbeda dengan sekarang, karena saat itu dia Ketua Kamar Pidana. Tentu akan berbeda jika bekerja sama dengan Dewas (KPK),” kata Syarief kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (20/12/2019).

Ia meminta agar publik memberikan kesempatan kepada Dewan Pengawas dan Komisioner KPK untuk melaksanakan tugasnya dalam pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Baca Juga :  Terus Bergerak, TEC Optimis Dapat Rekom PKS

“Kita jangan predujice dulu. Beri kesempatan untuk membuktikan bahwa apa yang dikhawatirkan oleh beberapa pihak enggak terjadi,” ucap Syarief.

Terpisah, Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menghormati keputusan Presiden Joko Widodo memilih lima sosok yang duduk di kursi Dewas KPK. Ia meyakini, Jokowi memiliki pertimbangan yang matang dalam memilih lima nama tersebut.

“Presiden pasti sangat hati-hati dalam memilih nama Dewan Pengawas. Komisi III akan terus mengawasi kinerja Dewas KPK ke depan mengingat cukup besarnya kewenangan Dewas KPK yang diberikan oleh UU KPK,” kata Herman.

Baca Juga :  Firli Bahuri Pastikan Presiden Jokowi Tidak Pernah Intervensi KPK

Sebelumnya, Jokowi melantik Artidjo bersama empat sosok lainnya yaitu Syamsuddin Haris, Albertina Ho, Harjono, dan Tumpak Hatorangan Panggabean sebagai Dewas KPK periode 2019-2023.

Selain itu, Jokowi juga melantik lima orang sebagai Komisioner KPK periode 2019-2023. Mereka adalah Firli, Nawawi Pomolango, Pintauli Siregar, Alexander Marwata, serta Nurul Ghufron.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here