JAKARTABERITATERKINI.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membantah dirinya berbeda pendapat dengan Presiden Joko Widodo soal banjir Jakarta.

Ia menegaskan, dirinya dan Presiden Jokowi memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga lingkungan agar banjir tak lagi terjadi di masa yang akan datang.

“Nggak ada yang berbeda. Sama kita. Kita sama-sama ingin agar seluruh ekosistem di lingkungan kita baik,” kata Anies usai meninjau lokasi pengungsian korban banjir di GOR Pengadegan, Pancoran, Jaksel, Sabtu (04/01/2020).

Menurutmu, saat ini Pemprov DKI Jakarta fokus pada penanganan banjir dan pemulihan pasca peristiwa banjir.

“Kita juga ingin agar semuanya sama penanganan korban berlangsung dengan cepat, masyarakat bisa kembali berkegiatan dengan cepat. Sama,” tuturnya.

Baca Juga :  *Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131,5 Kilometer*

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut banjir Jakarta diakibatkan oleh kerusakan ekosistem.

“Pemerintah pusat, pemprov, pemkab, pemkot, semuanya bekerja sama dalam menangani ini karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana, banyak hal,” ujar Jokowi kepada wartawan di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (02/01/2020).

Anies pun menyampaikan pendapatnya soal penyebab banjir di Jakarta pada awal tahun baru 2020. Anies membandingkan lokasi titik banjir dengan titik curah hujan tinggi berdasarkan data BMKG.

“Mungkin kita harus cek lagi (apakah banjir di Jakarta karena sampah), seperti apa kondisi per wilayah yang di situ ada banjir,” ucap Anies saat ditemui di lokasi banjir Kampung Pulo, Jakarta Timur, Kamis (02/01/2020). Hal itu disampaikan Anies saat ditanya wartawan soal pernyataan Jokowi yang menyebut salah satu faktor penyebab banjir adalah sampah.

Baca Juga :  Bukan Hanya Gagal Jadi Bupati, Orient-Thobias Juga di Pecat Dari PDIP.

Dia kemudian menyinggung banjir di Bandara Halim Perdanakusuma. Anies menilai tak ada sampah di Bandara Halim, namun banjir tetap terjadi.

“Kemarin bandaranya tidak bisa berfungsi. Apakah ada sampah di bandara? Rasanya tidak. Tapi Bandara Halim kemarin tidak bisa digunakan,” sebut Anies.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here