22, Oktober 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Relawan Semut Ireng Bantu Air Bersih Di Desa Ngendut

2 min read

PONOROGO-BERITATERKINI.CO.ID-Wilayah yang mengalami krisis air bersih di Ponorogo, Jawa Timur nampaknya semakin meluas. Setelah desa Duri, kecamatan Slahung dan desa Pandak, kecamatan Balong, kini puluhan keluarga di dusun Puh Gading, desa Ngendut, Kecamatan Balong juga merasakan kesulitan air bersih.

Atas laporan sejumlah warga setempat diwilayah tersebut yang mengalami kesulitan air bersih, membuat relawan Semut Ireng Ponorogo bergerak cepat dengan menggelar bakti sosial dengan droping air bersih, Minggu siang (2/8).

Jemangin, salah satu warga Ngendut mengatakan kesulitan air bersih mulai dirasakan diwilayahnya sekitar satu bulan belakangan, terutama di RT 03, RW 01 dengan jumlah sekitar 60 keluarga. “Untuk mendapatkan air bersih, warga harus mengambil dimata air yang letaknya cukup jauh. Itupun, jumlah air sudah mulai berkurang,”jelasnya.

Baca Juga :  Musrenbang Lampung Barat via virtual meeting, Wagub Chusnunia Dorong Jajaran Pemkab Jaga Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Marno warga Ngendut lainnya mengatakan, selain kemarau, kesulitan air bersih juga disebabkan pompa air bantuan pemerintah mengalami kerusakan. “Pompa dari program Pamsimas yang dibangun 2017 itu sering mengalami kerusakan. Padahal pompa air ini, dibutuhkan sekitar 200 keluarga diwilayah ini,”katanya.

Dengan bantuan air bersih dari relawan Semut Ireng, lanjutnya, warga masyarakat sangat menyambut baik. Dan berharap bantuan air bersih bisa didatangkan kembali. “Atas nama warga disini kami mengucapkan banyak terima kasih pada relawan Semut Ireng dan Pak Sugiri Sancoko,”terangnya.

Sementara Manto Setiawan, Ketua Relawan Semut Ireng mengatakan awalnya pihaknya mendapat informasi dari tokoh masyarakat setempat terkait kesulitan air bersih. “Kita langsung bantu droping air bersih disejumlah titik di desa Ngendut ini,”katanya.

Baca Juga :  Asisten Pemerintahan Pemko Medan PDP COVID-19 Meninggal Dunia

Kesulitan air bersih, lanjut Manto, membuat warga harus mengambil air dari lokasi yang jauh. Sehingga bantuan air bersih ini diharapkan dapat sedikit membantu warga. “Jika ada permintaan kita akan terus berikan, kita juga berharap agar segera ada batuan dari pemerintah daerah. Apalagi pompa air mengalami kerusakan,”paparnya.

Relawan Semut Ireng yang mendukung Sugiri Sancoko itu, terus bergerak untuk membantu masyarakat, seperti memberikan bantuan air bersih. “Jika ada wilayah yang membutuhkan air bersih, kita siap membantu,”pungkasnya. (Dedy)

5 thoughts on “Relawan Semut Ireng Bantu Air Bersih Di Desa Ngendut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *