1, Desember 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Kasus Bidar Alam, LSM Jarrak Sumbar : Perlu Transparasi Semua Pihak Terkait

2 min read

Padang – Lembaga Sosial Masyarakat Jaringan Reformasi Rakyat Sumatera Barat (LSM Jarrak Sumbar) tergugah dengan hal yang dialami masyarakat Bidar Alam Kabupaten Solok Selatan dengan pihak investor pertanian dan perkebunan Pt. Ranah Andalas Plantation (RAP). LSM ini mencium adanya aroma yang tak biasa.

Seperti telah disampaikan sejumlah media, masyarakat setempat melalui perwakilan mereka telah melakukan kesepakatan kerjasama semenjak tahun 2016. Kesempatan saat itu hingga kesempatan lanjutan yang disesuaikan dengan dinamika sudah menyebutkan dengan jelas poin-poin kesempatan tersebut.

Jarrak menilai persoalan ini tak rumit tapi sengaja dibuat rumit oleh sejumlah pihak yang memiliki kepentingan tertentu. Ketua LSM Jarrak Sumbar mengatakan hal itu memungkinkan terjadi.

Baca Juga :  Bali Wordpress Meetup Dukung Pengembangan Implementasi Digital 4.0

“Semua kemungkinan bisa saja terjadi, kita tak tahu jka siapa pihak yang memiliki kepentingan tertentu sengaja membuat hal ini makin runyam,” kata William Nursal Devarco, Ketua BPW LSM Jarrak Sumbar pada media, Sabtu (10/10/20) di Padang.

Nursal mengatakan, transparansi semua pihak pada masyarakat petani yang terlibat dalam perjanjian kerjasama itu sangat diperlukan. Sebab, jika tak ada yang bersedia jujur, keadaan akan makin runyam, informasi simpang siur.

“Saya menghimbau semua pihak terkait dalam perjanjian tertulis itu berani transparan. Ungkap saja yang sebenarnya! Itu sudah cukup hingga masyarakat petani yang ada dalam ranah yang dibunyikan dalam perjanjian tidak menduga salah yang benar dan sebaliknya,” ajaknya.

Baca Juga :  Pilkada Sesuai Jadwal, Demokratis, dan Terapkan Disiplin Protokol Kesehatan

Dengan adanya transparansi, semua jelas dan menutup peluang oknum-oknum tak bertanggung jawab yang berkepentingan khusus menjadikan ini bahan untuk tujuan tertentu. Di era pilkada ini, isu Bidar Alam sangatlah sensitif dan bisa saja dijadikan bahan untuk mengambil simpati rakyat. ( Robie/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *