Berita

Antisipasi Virus Corona Lapas Kelas I Suka Miskin Cek Suhu Tubuh

Bandung, Beritaterkini.co.id|Lapas Kelas I Suka Miskin Menghadapi penyebaran virus Korona (Covid-19) yang semakin meluas, sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DitjenPas) mengambil langkah preventif khususnya terkait Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) waspada atas Covid-19.

Foto dok. Beriterkini.co.id

“Melakukan indentifikasi dengan memastikan kondisi kesehatan pegawai, tahanan, warga binaan pemasyarakatan, atau narapidana dewasa dan anak memiliki suhu tubuh di bawah 37,5 derajat celcius.

Foto dok. Berita terkini.co.id

Di samping itu, Kalapas Suka Miskin Abdul Karim menuturkan sementara jadwal kunjungan bagi tahanan sementara ditiadakan sampai waktu tertentu guna mencegah virus covid-19. Semisal pada Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, yang akan meniadakan kunjungan keluarga bagi penghuni Lapas, Rutan dan LPKA terhitung dari 18 s/d 31 Maret 2020.

Foto dok. Berita terkini.co.id

Petugas Lapas I Suka Miskin juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung yang akan membesuk warga binaan, Jumat (16/3/2020).
Penyebaran Virus Corona membuat sebagian besar warga Pemasyarakatan perlu mengantisipasi penularannya.

Foto dok. Berita terkini.co.id

Pihak lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Suka Miskin juga melakukan pemeriksaan suhu bagi Pembesuk warga binaan.
Hal itu sebagai langkah pencegahan, agar penyakit membahayakan tersebut tidak menyebar di lapas.

Foto dok. Berita terkini.co.id

“Pengecekan suhu tubuh kepada pengunjung kita lakukan, untuk mengantisipasi penularan Corona. Kita juga edarkan brosur mengenai Corona,” kata Kalapas kelas I Suka Miskin, Senen (16/3/2020).
Dijelaskannya, selain melakukan pencegahan virus Covid 19, pihak lapas juga mensosialisasikan perilaku hidup sehat, bersih.

Foto dok. Berita terkini.co.id

“Kita sudah bekerjasama dengan rumah sakit, jika ada yang positif nanti ada pemeriksaan lanjutan” jelasnya.

Dijakarta Menurut Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pemasyarakatan Nugroho, ada empat langkah jajaran Ditjen PAS menghadapi penyebaran Covid-19 di Lapas, Rutan dan LPKA. Seperti dilakukan pencegahan, penanganan, pengendalian dan pemulihan.
“Status pada Lapas, Rutan dan LPKA merujuk pada empat kondisi tersebut. Ada zona kuning dan merah,” kata Nugroho dalam keterangannya di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Nugroho turut menerangkan status zona kuning yakni kondisi di daerah itu untuk melakukan tindakan pencegahan dan penanganan. Mulai dari penyemprotan disinfektan, penyediaaan sarana-sarana deteksi (pengukur suhu tubuh), penyediaan sarana cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer.

Sementara status Lapas, Rutan dan LPKA disebut sudah berada di zona merah jika Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Editor: Effendi | GR

Related Articles

9 Comments

  1. Wow, marvelous weblog format! How long have you been blogging
    for? you made running a blog glance easy. The whole glance
    of your website is magnificent, let alone the content material!

  2. Just desire to say your article is as surprising.
    The clearness in your publish is simply nice and that i could suppose you are a professional in this subject.
    Well along with your permission let me to grab your RSS feed to keep up to date with coming
    near near post. Thank you 1,000,000 and please carry
    on the rewarding work.

  3. Woah! I’m really loving the template/theme of this blog. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s very difficult to get that “perfect balance” between superb usability and visual appearance. I must say you have done a excellent job with this. In addition, the blog loads very fast for me on Firefox. Excellent Blog!

  4. Hello I am so excited I found your site, I really found you by error, while I was browsing on Askjeeve for something else, Regardless I am
    here now and would just like to say thanks for a fantastic post and
    a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have
    time to go through it all at the moment but I have book-marked
    it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more,
    Please do keep up the excellent work.

  5. Hi, i think that i saw you visited my web site so i came to “return the favor”.I am attempting to find things to improve my website!I suppose its ok to use a few of
    your ideas!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: