27, November 2020

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

Latihan Taktis Batalyon Tim Pertempuran 143/TWEJ Selesai Dilasanakan Dengan Hasil “KEREN”

3 min read

BATURAJA, WWW.BERITATERKINI.CO.ID- Yonif 143/TWEJ melaksanakan rangkaian Latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) 143/TWEJ, yang dimulai dari Latihan Posko I pada tanggal 6 s.d. 8 Oktober 2020, Latihan Posko II pada tanggal 24 s.d. 28 Oktober 2020 dan Latihan Taktis pada tanggal 1 s.d. 7 November 2020 yang ditandai dengan pelaksanaan Operasi Serangan sebagai puncak latihan yang dilaksanakan di Daerah Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Martapura – Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel), yang dihadiri oleh Dankodiklatad, Asisten Latihan Kasad, para Komandan Pusat Kesenjataan dan para Direktur jajaran Kodiklatad, Danrem 043/Gatam, Asops Kasdam II/Swj, Sabtu (7/11/2020) tiga hari yang lalu.

Latihan Taktis YTP 143/TWEJ melibatkan 1.240 orang prajurit dari berbagai Satuan jajaran Kodam II/Swj dari berbagai kecabangan terdiri Satuan Tempur (Satpur), Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) dan Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin) yang memainkan peranannya masing-masing serta melaksanakan koordinasi antar kecabangan dalam rangka Operasi Serangan Darat di bawah Komando langsung Mayor Inf Triano Iqbal, S.I.P., M.Si. selaku Komandan Batalyon Tim Pertempuran 143/TWEJ.

Dalam latihan ini Berbagai jenis Alutsista unjuk kemampuan dalam rangka mendukung latihan operasi serangan diantaranya puluhan kendaraan tempur Tank AMX -13 dari Yonkav 5/DPC, selanjutnya Meriam 105 mm KH 178 dari Yonarmed 15/105 Tarik, dan Meriam 57 mm S-60 dari Yonarhanud 12/SBP, kemudian Mortir 80 mm Kiban, Mortir 60 mm Kipan Yonif 143/TWEJ serta berbagai jenis Alutsista lainnya.

Baca Juga :  Jaga Kondusifitas Bali, Ditintelkam Polda Bali Simakrama Elemen Serikat Pekerja

Pelaksanaan Puncak Latihan Taktis YTP 143/TWEJ dalam operasi serangan ini diawali dengan Tembakan Meriam Armed 105 mm KH 178 pada Pukul 24.00 – 05.00 WIB dilanjutkan dengan pergerakan seluruh prajurit pada dari daerah Persiapan (DP) hingga ke Sasaran di ketinggian Pandak Binjai sejauh 10 KM dengan Formasi tempur dan manuver semua kendaraan tempur dan tembakan munisi tajam maupun hampa dari seluruh alutsista yang digunakan tanpa terkecuali.

Selesai pelaksanaan operasi serangan seluruh peserta YTP 143/TWEJ menerima pengarahan yang diawali oleh Asisten Latihan Kasad Mayjen TNI Harianto, beliau menyampaikan beberapa waktu lalu telah meninjau latihan bersama TNI dengan US Army di Fort Polk, Lousiana, Amerika Serikat, dan beliau menyimpulkan bahwasannya semangat maupun militansi peserta latihan YTP 143/TWEJ yang disaksikannya barusan tidak kalah dari para prajurit US Army. mengakhiri arahannya Aslat Kasad menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta latihan YTP 143/TWEJ dengan kata yang cukap singkat “ Kalian, Prajurit Batalyon Tim Pertempuran 143/Tri Wira Eka Jaya… KEREN “, pungkasnya, disambut gemuruh tepuk tangan dari seluruh prajurit maupun para pejabat TNI AD yang hadir.

Baca Juga :  Kabaharkam Polri Cek Langsung Kesiapan Pengamanan dan Infrastruktur Sirkuit Mandalika

Selanjutnya dikesempatan yang sama Dankodiklatad Letjen TNI A.M. Putranto memberikan arahan dan juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh prajurit yang terlibat sebagai peserta latihan YTP 143/TWEJ, atas kesungguhan selama melaksanakan latihan, sehingga latihan berjalan dengan baik dan berhasil sesuai dengan yang diharapkan.

Dankodiklatad juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pangdam II/Swj dan Danrem 043/Gatam dalam mendukung penyiapan personel, materiil dan alutsista, serta secara khusus memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Danpuslatpur Kodiklatad beserta jajarannya selaku Penyelenggara Latihan YTP 143/TWEJ ini sehingga dapat terselenggaranya latihan ini dengan baik serta tercapainya tujuan dan sasaran yang diharapkan.

Dikesempatan yang sama, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan ucapan terimakasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada seluruh Prajurit yang melaksanakan latihan dengan penuh semangat dan totalitas. (Red/AJ)

Penulis : Boy A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *