Pendidikan

Melalui Monemtum Hari Buku Nasional, T Erry Nuradi Ajak Masyarakat Perkuat Literasi

MEDAN – BERITATERKINI.CO.ID – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) ke-17 Dr. Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si berharap gerakan literasi Sumut terus tumbuh dan semakin menguat. Hal itu diutarakannya saat acara syukuran sederhana dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional, Minggu (17/5/2020) malam WIB di Medan.

Hadir di acara itu Ketua Umum Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo) H. Hasban Ritonga yang diwakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) Agus Marwan, S.IP., M.SP dan Wasekjen Abdul Firman Kursin, S.Pd., M.Si. Tampak hadir pula sejumlah tokoh Sumut.

“Sebenarnya saya sudah meletakkan dasar gerakan literasi di Sumut. Sumut menjadi provinsi keempat di Indonesia yang telah mencanangkan provinsi literasi. Saya berharap gerakan ini harus terus diperkuat,” ujar Erry Nuradi.

Menurutnya, literasi tidak hanya terkait membaca saja, tetapi juga terkait dengan keterampilan dalam memperoleh dan mengelola informasi.

“Gerakan literasi yang dimaksud tidak hanya mengembangkan minat baca, juga mengembangkan ketrampilan dalam memperoleh, menganalisis dan menggunakan informasi. Di abad 21 sekarang ini, informasi itu adalah kunci,” katanya.

”Literasi juga terkait dengan masa depan bangsa. Bangsa yang maju kedepan adalah bangsa yang masyarakatnya literat. Kemampuan berliterasi masyarakatnya akan menentukan masa depan bangsa,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Erry Nuradi juga menanyakan kabar para pegiat literasi se-Sumut. Dia berharap para pegiat literasi tetap bersemangat dalam pengembangan literasi di Sumut. Kepada Sekjen Formalindo Agus Marwan dan Wasekjen Abdul Firman Kursin, Erry Nuradi menitipkan salam kepada seluruh pegiat literasi di Sumut.

Saat menjabat Gubernur Sumut, Erry Nuradi sangat peduli dengan pembinaan dan pengembangan gerakan literasi. Baik melalui gerakan literasi sekolah maupun gerakan literasi masyarakat. Sehingga di akhir tahun 2017 dirinya mendapatkan “Anugrah Literasi” sebagai “Bapak Literasi Sumatera Utara” dari Formalindo.

Sumut menjadi provinsi keempat di Indonesia yang mendeklarasikan diri sebagai “Provinsi Literasi” pada tanggal 20 Mei 2017 di Medan. Deklarasi itu dipimpin langsung oleh Erry Nuradi yang saat itu menjabat Gubernur Sumut.

(M-01)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: