Berita

KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu 2024

Beritaterkini.co.id. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) secara resmi diluncurkan pada Pemilu 2024. Adapun, peluncuran tersebut dilakukan pada Selasa (14/5/2022) malam di Jakarta.

“Pada malam ini, Selasa 14 Juni 2022, kalau dihitung dari hari pemungutan suara, hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Dan menurut konstitusi dan mandat undang-undang mengamanatkan dimulainya tahapan Pemilu 2024,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asyari saat peluncuran tahapan Pemilu tersebut.

KPU, lanjut Hasyim Asyari, tidak bisa bekerja sendiri, dan meminta dukungan, DPR, partai politik dan pemerintah bahwa pimpinan bangsa Indonesia, serta seluruh rakyat Indonesia.

Perlu diketahui, Pemilu 2024 sesuai dengan aturan undang-undang yang dimulai sejak 20 bulan dari hari pencoblosan Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari, artinya, tahapan awal dari pemilu mulai 14 Juni 2022.

Kemudian, peluncuran tahapan Ketua Pemilu 2024 dilakukan secara simbolis dengan ditandai menekan sirine oleh seluruh anggota KPU RI, Ketua DPR RI Puan Maharani, Mendagri Tito Karnavian, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, DKPP Muhammad, dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Peluncuran tahapan Pemilu 2024 juga disaksikan oleh seluruh anggota KPU Provinsi seluruh Indonesia, kabupaten kota, serta pimpinan partai politik calon peserta pemilu.

Dalam peluncuran tersebut, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang mewakili Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya menambahkan, bahwa persiapan dan penyelenggara tahapan pemilu merupakan hasil kerja bersama.

“Setelah melaksanakan beberapa kali rapat dan konsinyering, akhirnya tercapai kesepakatan. Hasil rapat-rapat dan konsinyering itu menyepakati tahapan pemilu,” kata Tito Karnavian.

Lanjut, kata Tito, pemerintah mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu 2024 dan Pilkada yang tahapannya mulai 14 Juni 2022.(red/kur)

Related Articles

56 Comments

  1. I would like to thank you for the efforts you have put in penning this blog.

    I am hoping to view the same high-grade content from
    you in the future as well. In truth, your creative writing
    abilities has motivated me to get my own blog now 😉

  2. hey there and thank you for your info – I’ve certainly picked up anything new from right
    here. I did however expertise some technical issues using
    this web site, as I experienced to reload the web site many times previous to I could get
    it to load properly. I had been wondering if your web host
    is OK? Not that I’m complaining, but sluggish loading instances
    times will very frequently affect your placement in google and can damage
    your quality score if ads and marketing with Adwords.
    Well I am adding this RSS to my email and could look out for a lot more of your respective intriguing content.
    Make sure you update this again soon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: