BeritaNasional

Sukses Pelaksanaan Musra IV Di Sumsel “Mencari Pemimpin Rakyat Dan Melanjutkan Kerakyatan”

PALEMBANG,Berita Terkini. Co.Id – Sukses Pelaksanaan Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia ke-IV di Sumatera Selatan (Sumsel) dengan mengusung tema mencari pemimpin rakyat dan melanjutkan kerakyatan di Dermaga Convention Center Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu (29/10/22).

Ketua Dewan Pengarah Musra, Andi Gani Nena Wea mengatakan, musra ini adalah Musra ke-4. Yang pertama dibuka langsung Presiden Republik Indonesia dan nanti akan ditutup Istora Senayan.

“Musra Indonesia Ke 4 ini merupakan suatu laboratorium politik, karena rakyat bisa menyampaikan pendapatannya secara bebas, dan bisa mengemukan tentang pemimpin sekarang pak Jokowi serta calon pemimpin yang mereka harapkan kedepan, “ungkap Andi.

Lebih lanjut Andi menuturkan, pada Musra ini, pihaknya merekam semua pendapat masyarakat di Sumsel dan 34 Provinsi. Yang dimulai dari Jabar dan akan diakhiri di Jakarta dan akan ditutup pak Jokowi.

“Pada Musra ini kita urutkan pilihan Capres nomor 1 sampai 10, termasuk Cawapres yag terbanyak dipilih urutan 1 sampai 10,” katanya.

Menurutnya, relawan memilik pengaruh kuat dalam bilik suara. “Relawan tidak punya kewenangan menentukan Capres itu benar, tapi relawan bersama rakyat punya kekuatan besar untuk memenangkan calon yang muncul,” ucapnya.

Ketika ditanya dalam Musra yang sudah berjalan untuk posisi 3 besar, Andi mengungkapkan yng konsisten dalam tiga besar yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Nasional Musra, Taki Reinhard Parapat menambahkan, pihaknya yakin nama-nama yang muncul untuk pemimpin Indonesia ke depan itu adalah refleksi dari kedaerahan di Sumsel.

“Ini semoga itu bisa menjawab apa yang menjadi masalah atau menjawab tokoh-tokoh nasional untuk memimpin estafet di 2024. Kami memberikan seluas-luasnya kepada masyarakat di Sumsel karena Sumsel salah satu barometer di seluruh Sumatera, dan kami tahu ada beberapa tokoh lokal yang kuat yang bisa menjadi kekuatan ke depan. Jadi bebas siapapun nama-nama yang diajukan itu adalah refleksi keinginan masyarakat,”jelasnya.

Ketika ditanya adanya nama Puan Maharani dan Ganjar Pranowo untuk Capres, Taki menuturkan, itu silahkan saja nama itu keluar dari Sumsel, itu bagian dari refleksi.

“Musyawarah rakyat ini adalah bagian daripada nama-nama yang nantinya dikeluarkan hanya di Sumatera Selatan. Kami ini memberikan masukan-masukan dari beberapa nama-nama yang sudah dikeluarkan itu saja,” bebernya.

“Nama yang dimunculkan dari Sumael ini akan terus dibawa ke pusat. Kan ada 34 provinsi kita ada di sana. Tokoh-tokoh daerah yang perlu diangkat itu ciri dan khas daerahnya. Jadi kami hanya memberikan mengakomodir nama-nama dari daerah. Nama-nama yang muncul tokoh daerah ini nanti akan di di konferensi pers di nasional,” bebernya.

Terkait ada beberapa masukan, Taki menerangkan, diskusi itu nanti akan menjadi isu-isu yang kita harapkan kepada pemimpin 2024. Nanti untuk bisa mencari solusi yang terbaik.

“Masalah pendidikan itu salah satu yang dominan, dan semua mulai struktur paling bawah dan membangun infrastruktur,” pungkasnya.

Ditambahkan, Wakil Ketua Panitia Nasional, Yayong Waryono mengaku Musra ini alat menjaring masyatakat.

“Aspirasi masyarakat, intinya apa yang dilakukan untuk diserap dan hasilnya murni suara rakyat,” tutupnya

Ditempat yang sama, Sekretaris Pelaksana Daerah, Hidayat Comsu didamping Wakil Sekretaris Pelaksana, Hermansyah mengucapkan Alhamdulillah, pelaksanaan Musra Ke 4 di Sumsel di ikuti sekitar lebih kurang 3000 peserta yang hadir dari 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel.

“Musra Ke 4 ini, Alhamdulillah telah terlaksana dengan optimal dan antusias masyarakat Sumsel membeludak hingga kurang lebih 3000 peserta memadai lokasi acara. Ini membuktikan bahwa Sumsel zero Konflik dan Sumsel maju untuk semua,”kata Comsu yang juga sebagai ketua DPD Projo Sumsel.

Dikatakan Comsu, bahwa musra ini diadakan bertujuan sebagai wadah gerakan untuk menyuarakan pikiran dan aspirasi masyarakat khususnya yang ada di Sumsel untuk mencari presiden pasca kepemimpinan Jokowi.

“Dari musra ke 4 yang dilaksanakan di Sumsel nanti akan melahirkan pigur pigur sosok pemimpin Indonesia yang betul betul pilihan rakyat pasca habisnya masa kepemimpinan Jokowi sebagai Presiden RI,”pungkasnya.(RZP)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: