BaliJembrana

Pemerintah Kabupaten Jembrana Kembali Ukir Prestasi Gemilang di Penghujung Tahun 2022

JEMBRANA, beritaterkini.co.id | Pemerintah Kabupaten Jembrana kembali mengukir prestasi gemilang, pada penghujung tahun 2022. Adapun prestasi yang diraih tersebut yakni East Ventures- Digital Competitiveness Indeks (EV-DCI) untuk kategori kabupaten/kota dengan kenaikan indeks daya saing digital tertinggi di regional Bali-Nusra.

Penghargaan tersebut disampaikan secara langsung dalam acara Katadata Regional Summit yang dilaksanakan di Aryanusa Ballroom Menara Aryanusa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Desember 2022.

Bupati I Nengah Tamba yang hadir pada acara tersebut menyampaikan kebanggaannya atas torehan prestasi ini. Ia menilai hal tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah daerah dalam mendorong pemerataan ekonomi digital dan daya saing digital ditengah-tengah masyarakat.

Wujud nyata yakni sektor UMKM di Jembrana hampir seluruhnya diperkuat dengan pemahaman literasi digital, dimana dalam pemasaran berbagai produk telah memanfaatkan terknologi digital, yakni diberbagai platfrom e-commerce. Disamping itu, inkubator-inkubator bisnis kolaborasi bersama civitas akademika dalam mencetak wirausaha-wirausaha muda yang juga mengadopsi sentuhan-sentuhan teknologi.

Sementara itu, CEO PT. Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra menuturkan, dalam pengukuran EV-DCI ini mengacu dari berbagai macam aspek, yakni pilar Sumber Daya Manusia (SDM), penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pilar Pengeluaran untuk TIK, pilar Perekonomian, pilar Kewirausahaan dan Produktivitas, pilar Ketenagakerjaan, pilar Infrastruktur, pilar Keuangan serta pilar Regulasi dan Kapasitas Pemerintah Daerah (Pemda).

Laporan EV-DCI ini, dapat menjadi sebuah panduan bagi para stakeholder atau pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan daerah, investor, maupun para pelaku bisnis untuk memahami dan mengimplementasikan berbagai penemuan yang akan membawa dampak positif akan pemerataan digital di Indonesia. (Surya)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: