BeritaNasional

KRPKT Meminta Dishub Sumsel Dan Kota Palembang Lakukan Tindakan Tegas Terkait Kecelakaan Truck Yang Sering Terjadi

Palembang,BeritaTerkini.Co.Id Peristiwa kecelakaan lalu lintas sering terjadi di jalan utama termasuk dalam kota Palembang dan tragisnya menimbulkan korban jiwa kematian menjadi perhatian serius  Komite Rakyat Peduli Keselamatan Transportasi (KRPKT) meminta Dishub harus tindak tegas kendaraan yang melanggar beban berat,(04/05/23)r

Ketua KRPKT Eka Subakti mengatakan terdata secara rekam digital kecelakaan tragis yang terjadi dari kurun waktu bulan Januari April tahun 2023, pada tanggal 26 Januari 2023 di depan rumah walikota Palembang tepatnya dijalan Alamsyah Ratu Prawiranegara Ilir Barat I Palembang, pengendara motor bernama Yasin umur 58 tahun harus meregang nyawa setelah terlindas truk tronton warna merah dengan nopol BL 8517 UK

Senin 27 Februari 2023 terjadi kecelakaan di jalan MP. Mangkunegara Palembang yang menimpa anak muda umur 24 tahun saat mengendarai motor ditabrak dari belakang oleh mobil barang muatan besar jenis tronton yang membawa box container dan pengendara motor masuk di kolong mobil hingga seketika tewas ditempat.
Tanggal 9 Maret 2023 seorang pengendara motor meninggal dunia setelah dilindas oleh tronton truk ketika melintas di Jalan Residen H.Najamudin depan panti social Palembang, korban mengalami luka robek di kepala belakang dan mengeluarkan darah dari telinga
Kecelakaan antara truk tanki dan pengendara sepeda motor vario membuat pengendaranya tewas secara mengenaskan dengan kondisi tubuh hancur lebur setelah dilindas truk tangki.

Kejadian terjadi tanggal 28 April 2023 pukul 18.30 WIB di Jalan Patal Pusri, Kalidoni
Rekam digital terhadap peristiwa kecelakaan diatas membuat kita merenung dan membucah kesadaran kita, membuka mata dan telinga kita bahwa kejadian tersebut kapanpun akan dapat merenggut nyawa kita juga, nyawa orang-orang yang kita sayangi, karena mobil muatan besar (truk tangki, truk tronton, truk container) saat ini masih lalu lalang di sekitaran kita dalam KOTA PALEMBANG.bebernya

Sektor transportasi ini diurusi oleh Kementerian Perhubungan hingga Dinas Perhubungan Provinsi/Kabupaten dan Kota, dengan berbagai peraturannya (Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, PP No.37 Tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Permenhub No.60 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang dengan Kendaraan Bermotor di Jalan, Permenhub No.30 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permenhub Nomor PM.33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor, dan lain sebagainya) untuk menjadi acuan dalam pelaksanaannya.

Berbagai peraturan tersebut dibuat untuk memberikan keamanan dan keselamatan bagi masyarakat, akan tetapi kenyataannya mobil dengan muatan besar dengan membawa container terlebih tanpa pengaman masih lalu lalang berseliweran seakan terjadi pembiaran.

Kebijakan Indonesia Zero ODOL (Over Dimension Over Load) yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 merupakan program pemerintah dengan Kementerian Perhubungan sebagai leading sektornya adalah dalam upaya untuk dapat menekan kecelakaan dan kesemerawutan di jalan raya serta menegakkan Undang Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan mulai menertibkan truk kelebihan dimensi dan muatan (Over Dimention and Overload/ODOL) di tanggal 1 Juli 2022 dengan melibatkan kepolisian dan aparat penegak hukum, tanggal penertiban ini disampaikan Herman Deru setelah bertemu dengan Kapolda Sumsel. Keberadaan truk ini membuat resiko dan kerusakan infrastruktur kian tinggi.”bebernya.

Dinas Perhubungan Kota Palembang dibawah koordinasi Dinas Perhubungan Sumatera Selatan dalam hal ini seakan akan tidak berfungsi dan professional dalam bidangnya, dari data yang dimiliki oleh Komite Rakyat Peduli Keselamatan Transportasi (KOREKSI) kendaraan truk tronton yang membawa box container dan telah menyebabkan kecelakaan hingga berakhir tewas di jalan MP. Mangkunegara Palembang, tidak memiliki izin Uji Kendaraan Bermotor atau Uji KIR dalam kondisi mati dan secara otomatis Ijin Usaha Transportasi nya juga tidak ada,”ungkapnya.

Di tambahkan dari KRPKT Alamsyah  sampai saat ini tidak ada tindakan tegas terhadap perusahan pemilik kendaraan tersebut.
Palembang sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Selatan saat ini telah menjelma sebagai kota yang maju, dengan penduduk yang cukup banyak, berbagai aktivitas begitu padat, pergerakan orang dan barang semakin banyak, maka sektor transportasi hendaknya ditata dengan baik dengan orientasi transportasi yang lancar, nyaman, tertib, aman dan memperhatikan KESELAMATAN.

kami menyatakan sikap kepada Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel dan Kota Palembang Mendesak Dishub Kota Palembang untuk segera merevisi Peraturan Walikota Palembang Nomor 26 tahun 2019 tentang Pengaturan Rute Mobil Barang Dalam Kota Palembang, agar jadwal operasional dari jam 06.00 WIB s.d. 21.00 WIB ruas jalan yang dilarang bagi mobil barang khususnya mobil muatan besar untuk diperluas/diperbanyak/ditambah lagi pada ruas jalan dalam kota lainnya, terutama jalanan padat kendaraan termasuk Jl. MP. Mangkunegara.

Mencabut Ijin usaha PT.Citra Anugerah Transport yang beralamat di Jl. Purwosari No.25 Kel. Bukit Sangkal Kec. Kalidoni Kota Palembang

Melakukan penertiban administrasi berupa Ijin-Ijin Usaha Transportasi, Uji KIR dan memastikan kelayakan mobil serta segera menertibkan mobil barang kategori Over Dimensi Over Loading (ODOL) pada mobil barang yang tidak memenuhi standar ukuran dan muatannya.

Laksanakan program sosialisasi dan mengedukasi masyarakat pentingnya tentang KESELAMATAN BERKENDARAAN DI JALAN dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat, serta membentuk pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasiskan system digital agar terwujud transparansi serta keterbukaan informasi terhadap public,tandasnya.(Rilis).

Related Articles

2 Comments

  1. Nice post. I learn something more challenging on completely different blogs everyday. It can all the time be stimulating to read content material from different writers and practice somewhat one thing from their store. I’d choose to make use of some with the content on my weblog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a link on your internet blog. Thanks for sharing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: