BeritaNasional

Data KTP Dan Tabungan Diduga Disalahgunakan Untuk Buka Aplikasi Marketplace, Erik dan Pidaraini Laporkan Sinta Ke Polda Sumsel

Palembang,Berita Terkini.Co.id Pidaraini warga Jalan Pondok Teladan RT 028 RW 008 Kelurahan Karya Baru Kecamatan Alang Alang Lebar melaporkan Sinta di Polda Sumsel dengan Nomor LP :STTLPN/419/VIII/2023/SPKT. Laporan Pidaraini kepada terlapor Sinta terkait Pasal 35 UU RI 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang UU Informasi Transaksi Elektronik.

Kuasa Hukum dari Erik dan Pidaraini yakni Idasril Firdaus Tanjung SH mengatakan, dia mewakili kliennya Pidaraini dengan bapak Erik tujuan datang ke Polda Sumsel untuk melaporkan Sinta.

“Jadi melaporkan Sinta atas dugaan menggunakan data pribadi dari klien kami yang bernama Erik. Maka dari itu kita laporkan dia ke pihak kepolisian ini. Karena perbuatannya itu jelas melanggar undang-undang, melanggar aturan karena tentu klien kami merasa dirugikan dengan apa yang dilakukan oleh saudari Sinta,” ujarnya usai membuat laporan di SPKT, Sabtu (19/8/2023)

Dia menuturkan, dugaannya dia menggunakan data pribadi klien kita secara tidak sah.

“Bagaimana menggunakan itu menurut keterangan dari klien kami bahwa saat itu klien kami yang bernama Erik itu ditawarkan oleh Andi untuk mendapatkan bantuan uang dana UMKM. Andi tidak menyebutkan jumlah cuman meminta data, biasa orang meminta, untuk bantuan itu biasanya minta data. Klien kami diminta data KTP dan nomor rekening dan diberikanlah ke Andi. Jadi sebenarnya berurusannya dengan si Andi,” tuturnya.

“Tiba-tiba seminggu dari situ ada uang masuk ke rekening Erik sekitar sebesar Rp 134 juta. Karena uang itu masuk datanglah Andi ini katanya uangnya sudah masuk maka diambilnya uang itu di Bank BRI di km 5 pada 14 November 2022. Waktu mengambil uang itu Andi yang pegang ATM nya si Erik. Masuk ke bank berdua si Andi ini keluar dan keluar dari bank yang mengambil uang di bank itu si Erik di bank limitnya Rp 110 juta. Jadi diambil Rp 110 juta. Itu belum sempat dijelaskan, dan Andi mengambil uang itu ternyata Sinta sudah menunggu di mobil di luar dan si Andi langsung memberikan dan si Erik hanya melihat saja karena tidak kenal dengan Sinta,” bebernya.

Kemudian, sambung Idasril, tiba-tiba si Sinta mau setor uang ke BCA ternyata kurang sehingga dia mendatangilah rumah Erik.

“Dan Erik belum sempat menjelaskan tapi Sinta marah-marah. Karena curiga si Erik mulai curigala, hingga datanglah keluarga Erik dan ibuPidaraini ke rumahnya Sinta menanyakan hal itu dan uang itu pun sudah dipegang ibu Pidaraini mau dikembalikan Rp 24 juta itu tapi buktikan dulu uang ini uang Sinta. Ternyata ketika minta buktikan dia tidak memberikan malah didapatkan oleh klien kami itu melalui adiknya ada bukti bahwa KTP si klien kami hari ini digunakan untuk membuat akun di aplikasi aku laku. Jenis marketplace ternyata disalahgunakan. Ini tidak ada hubungan sebenarnya klien kami Erik dengan Sinta tidak ada hubungan hukum. Ternyata digunakan untuk transaksi jual beli handphone dalam satu minggu masuklah uang Rp 134 juta itu. Jadi semakin curiga ibu Pidaraini ini takut uang apa,” paparnya.

Idasril menuturkan, kliennya takut datanya disalahgunakan, nanti dilaporkan nama eriknya. Makanya pihaknya minta aparat kepolisian untuk minta bantu ketakutan ini.

“Jangan sampai klien kami yang menanggung perbuatan orang perbuatan dugaan pidana mereka. Makanya kita laporkan ini ke kepolisian agar jelas perkara ini,” ucapnya.

Idasril mengungkapkan, Hubungan klien kliennya dengan Sinta tidak ada.

“Yang dirugikan itu klien kami Erik dan uang Rp 24 juta itu akan kita kembalikan kalau jelas dia bisa membuktikan. Bagaimana ceritanya bahwa account itu yang di aku laku itu atas nama Erik uang masuk ke rekening Erik di mana ada perbuatan pidana Eriknya. Semua sesuai aturan ini yang harus didalami uang ini, masuknya dari siapa kita ingin kepolisian menyelidikinya,” tuturnya.

“Kita menuntut ini karena klien kami juga dilaporkan juga ke pihak kepolisian dan ditetapkan tersangka. Jadi aneh sekali ini orang sudah jadi korban dijadikan tersangka maka kita minta perlindungan ke pihak kepolisian ada apa ini.Erik sekarang dilaporkan di Poltabes Palembang dengan dugaan penggelapan. Kami akhirnya melaporkan Sibta ini dugaan penggunaan manipulasi data penggunaan data dikenakan Pasal 35 UU RI 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE),” pungkasnya.(RZP)

Related Articles

10 Comments

  1. hey there and thank you for your information – I’ve definitely picked up anything
    new from right here. I did however expertise several
    technical issues using this site, since I experienced to reload the website lots of times previous to I could get it to load correctly.
    I had been wondering if your web hosting is OK? Not that I’m complaining, but slow loading instances times will sometimes affect your placement in google and can damage your quality score
    if advertising and marketing with Adwords. Well I am adding
    this RSS to my e-mail and can look out for a lot more of your respective exciting content.

    Make sure you update this again soon.

  2. After study a few of the blog posts on your website now, and I truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Pls check out my web site as well and let me know what you think.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: