Denpasar, beritaterkini.co.id – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sebagai ujung tombak pembangunan ekonomi khususnya bagi generasi muda yang kreativ, inovatif, dan memiliki daya saing diharapkan mampu mengimbangi pembangunan ekonomi yang begitu cepat saat ini baik di Indonesia maupun global. Untuk itu, anggota HIPMI harus bisa aktif ambil bagian dalam pembangunan ekonomi tersebut. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Rabu (21/8/2019) siang saat membuka acara Debat Calon Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2019 – 2022 di ruang pertemuan dr. A.A Made Djelantik, kampus UNUD Denpasar.

Pada kesempatan tersebut, Cok Ace juga mengucapkan selamat datang kepada Ketua dan Anggota HIPMI di Pulau Dewata. Ia berharap Pulau Bali dapat memberikan vibrasi positif sehingga nantinya terpilih Ketua BPP Hipmi yang dapat membawa HIPMI lebih maju kedepan ditengah tantangan yang semakin kompleks. “Selamat datang di Pulau Bali, Pulau Dewata, Pulau Demokrasi dan Pulau Toleransi. Mudah-mudahan siapapun yang nantinya akan terpilih dapat membawa HIPMI lebih hebat dimasa depan yang penuh akan tantangan,” ujarnya. Cok Ace juga berharap agar peran HIPMI sebagai lokomotif pembangunan ekonomi yang berkeadilan dapat terus dijaga. Ia menambahkan, ada keseimbangan yang ingin dibangun kedepan oleh HIPMI.

Debat calon Ketua Umum BPP HIPMI 2019-2022 menampilkan empat kandidat sama kuat, yakni Bagas Adhadirgha, Ajib Hamdani, Akbar Himawan Buvhari serta Mardani H. Haming di Aula Fakultas Kedokteran Unud, Denpasar. Menjelang pemilihan calon Ketua Umun BPP HIPMI masa bhakti 2019-2022, Bali dipercaya sebagai tuan rumah atau tempat pelaksanaan debat untuk mewakili Indonesia kawasan timur. Debat yang mengadu sosok empat kandidat ini, diharapkan mampu memberikan gambaran siapa yang pantas memimpin HIPMI tiga tahun ke depan. Debat menghadirkan beberapa panelis, dua diantaranya yakni Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali Trisno Nugroho dan Founder Coco Group I Nengah Natyanta. Di awal debat masing-masing kandidat diberikan waktu tiga menit untuk memaparkan visi misi terbaik.

Baca Juga :  Bolak-balik Kunjungi Papua, Ketua DPR Papua: Presiden Jokowi Tidak Selesaikan Masalah!

Pada kesempatan itu, Ketua Umum BPP HIPMI, Bahlil Lahadalia menegaskan pelaksanaan debat empat kandidat di Bali ini akan mampu menunjukkan kualitas diri calon Ketua Umum HIPMI melalui komitmen visi misi membangun HIPMI yang kuat ke depan. Kepada para calon juga diharapkan memahami pentingnya melanjutkan program yang telah durancang sebelumnya, karena HIPMI harus hadir sebagai lokomotif pembangunan perekonomian yang berkeadilan. “Persaingan pasar bebas ke depan Indoneaia memerlukan kondisi ekonomi yang handal dalam memenangkan persaingan global,” tegasnya seraya mengajak para jajaran HIPMI lebih kreatif dan inovatif.

Di sisi lain, Ketua Umum BPD HIPMI Bali Dr. dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SP.KK. FINSOF saat pembukaan debat menyebutkan, sebagian besar program yang ditawarkan hampir sama utamanya dalam meningkatkan kerjasama antara HIPMI dengan pemerintah daerah, sehingga program nasional dan di daerah bisa berjalan dengan baik. Upaya mencetak SDM handal juga menjadi poin penting bagi para kandidat agar pengusaha muda dan calon pengusaha mampu menjadi tuan di daerahnya sendiri. Konsep peningkatan upaya mentoring, networking dan partnership juga digagas para kandidat agar HIPMI benar-benar mampu menjadi wadah untuk mencetak lebih banyak lagi pengusaha yang berprestasi. “Sebelumnya debat hanya terpusat di Jakarta. Dengan konsep ke daerah yang kali ini Bali dipercaya sebagai perwakilan pelaksanaan debat untuk wilayah timur,” jelasnya.

Baca Juga :  Kasus Korupsi Jiwasraya, Kejagung Tahan Eks Dirkeu Hary Prasetyo

Pria yang akrab disapa dokter Darma ini mengatakan pada rangkaian tahapan pemilihan calon Ketua Umun BPP HIPMI baru pertama kali digelar sebanyak tiga kali debat. Salah satu rangkaian kegiatan jelang Munas ini juga diharapkan mampu menumbuhkan kekuatan seluruh jajaran HIPMI dari pusat hingga di daerah. Memiliki lima suara dalam acara pemilihan mendatang, HIPMI Bali ditegaskan akan ikut menentukan ketua baru untuk melanjutkan kinerja ketua sebelumnya. “Melului Munas harapan kita di daerah jangan ada perpecahan dengan mengedepankan kebersamaan dan persaudaraan. HIPMI sebagai kader pengusaha muda yang akan berada terdepan melanjutkan program HIPMI sebelumnya,” tutupnya. tim

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here