BeritaNasional

Ridwan Kamil Langgar UU Kadin, Yus Hermansyah: Gubernur Gagal Paham Memaksakan Kehendak Sendiri

Bandung, Beritaterkini.co.id- Wakil Ketua Umum Kadin Ketenakerjaan sekaligus Ketua Asosiasi Tenaga Tehnik Konstruksi Indonesia (Astekindo) Jabar periode 2019-2024. H. Yus Hermansyah angkat bicara terkait Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Barat Ridwan yang di dalamnya menerangkan bahwa kepada perusahaan yang memiliki jumlah karyawan lebih dari 200 (duaratus) orang agar dapat bergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) untuk memudahkan koordinasi dan kerjasama berkaitan dengan ketenagakerjaan dan hubungan industrial. Pada 30 September 2021 lalu.

“Sangat disesalkan pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengedepankan asosiasi tertentu,” ujar Yus Saat ditemui dikantornya pada selasa (5/1/21).

Yus Hermansyah mengatakan hal tersebut tidak pantas karena Asosiasi itu banyak dan semua membawahi usaha masing-masing dengan secara keseluruhan untuk ditunjuk membawahi pelaku usaha-usaha besar, menengah, kecil dan usaha lain nya itu adanya di Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) induk organisasi yang dilindungi oleh undang undang no 1 tahun 1987.

” Ridwan Kamil harus baca kembali UU Kadin, disitu sudah jelas seluruh pengusaha dibawah naungan Kadin,”jelasnya.

” Ridwan Kamil seakan akan memaksakan kehendak sendiri bahkan menabrak UU Kadin no 1 tahun 87 aturan Kepmen dan Kepres itukan di bawah UU, “tegasnya.

Menurut Yus , Ridwan Kamil gagal paham dan salah kaprah seharusnya sebagai seorang Stakeholder atau pemutus dan sebagai penguasa harusnya tidak menunjuk asosiasi untuk mengkoordinir pengusaha karena dalam UU sudah sangat tegas.

“Justru dengan karut marut Kadin Jawa Barat seorang Gubernur harus bisa mempersatukan sehingga membuat iklim pengusaha kondusif,” tandasnya.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengeluarkan surat edaran nomor 163/KB.05.01.02/, pada, Kamis 30 September 2021.

PENINGKATAN SEKTOR INDUSTRI TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DI JAWA BARAT

Berdasarkan:

1. Peraturan pemerintah nomor 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro ,kecil dan menengah ,dan

2. Peraturan daerah provinsi jawa barat nomor 2 tahun 2013 tentang pedoman tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan serta program kemitraan dan bina lingkungan di jawa barat
Dalam upaya peningkatan daya saing daerah dan mendorong peningkatan kontribusi sektor industri terhadap ekonomi produktif melalui perberdayaan usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM) pengembangan ekonomi daerah ,penguatan sektor ekonomi prioritas, serta untuk percepatan pemulihan ekonomi di daerah ,perlu dihimbau kepada para pimpinan perusahaan /industri se jawa barat untuk melaksanakan hal hal sebagagai berikut :

1.kepada perusahaan yang memiliki jumlah karyawan lebih dari 200(duaratus) orang agar dapat bergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) untuk memudahkan koordinasi dan kerjasama berkaitan dengan ketenagakerjaan dan hubungan industrial.

2.kepada perusahaan yang memiliki kegiatan usaha di wilayah jawa barat .agar memiliki kantor cabang /kantor administratif yang berada di wilayah jawa barat,bandung 30 september 2021.

 

Laporan : DN

Editor     : RG

Related Articles

11 Comments

  1. Howdy would you mind stating which blog platform you’re using?
    I’m going to start my own blog in the near future but I’m having a
    difficult time making a decision between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.

    The reason I ask is because your design seems different then most blogs and I’m looking for something unique.
    P.S Sorry for getting off-topic but I had to ask!

  2. I’ve been surfing on-line more than three hours these days, yet
    I by no means discovered any attention-grabbing article like yours.
    It is beautiful value sufficient for me. In my view, if all web owners and bloggers made just right content material as
    you did, the net shall be much more helpful than ever before.

  3. What i don’t understood is actually how you’re not actually a lot more well-preferred than you may be
    right now. You’re so intelligent. You already know thus
    considerably in relation to this matter, made me in my opinion consider it from numerous varied angles.
    Its like women and men are not involved until it’s something to do with
    Lady gaga! Your own stuffs nice. All the time take care of it up!

  4. I was wondering if you ever considered changing the layout of your blog?

    Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better.
    Youve got an awful lot of text for only having 1 or two pictures.
    Maybe you could space it out better?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: