26, Januari 2021

Berita Terkini

Bersama Membangun Bangsa-Kritis, Faktual dan Independen

EKONOMI INDONESIA TERKINI, OPOSISI MERADANG

2 min read

WWW.BERITATEEKINI.CO.ID- Indonesia menempati ranking 3 besar dalam G20. G20 adalah kelompok negara yg mewakili 85 persen Produk Domestik Bruto (PDB) global dan dua pertiga dari populasi dunia.

Jadi kalau ada yg bilang Indonesia itu terbelakang, sebaiknya banyak piknik dan belajar lagi. Asia Fund Manager menyebut Indonesia dalam lima tahun belakangan ini sebagai negara yg luar biasa cepatnya pertumbuhan PDB nya.

Tahun ini di tengah pandemi COVID19, perekonomian Indonesia merupakan nomor dua terbaik setelah China di antara negara anggota G20. Apa indikatornya?

Tiongkok yg tidak mengalami kontraksi kemungkinan tahun ini tumbuh 1,9 persen. Untuk Indonesia kontraksi 1,5 persen.

Tetapi Negara G20 lain kontraksi sangat dalam.

Baca Juga :  Puan: Pancasila Bintang Penuntun Indonesia Hadapi Semua Rintangan

Contoh, Spanyol menjadi negara yg mengalami kontraksi perekonomian paling dalam, yaitu mencapai minus 12,8 persen. Inggris minus 10 persen, Perancis minus 19 persen, Italia minus 9,7 persen.

Sementara negara tetangga seperti Malaysia perekonomiannya pada kuartal-III diperkirakan akan menyentuh minus 4,5 persen, Filipina minus 6,3 persen, Singapura minus 6,0 persen.

Tahun depan, Indonesia akan masuk proses recovery setelah kontraksi tahun 2020. Tanda² perbaikan itu bisa dilihat dari indikator PMI Oktober 2020 mengalami perbaikan 47,2 menjadi 48.

Sampai dengan September 2020, pertumbuhan investasi sudah bergerak ke positif. Yaitu naik 1,7% dibandingkan periode yg sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY).

Artinya mesin ekonomi sudah nyala lagi.

Indonesia dan Tiongkok masih merupakan negara rebound-nya tinggi, sedangkan India yg selama ini salah satu pertumbuhan ekonomi tinggi tahun ini kontraksi di atas 10 persen, dan tahun depan bisa rebound di atas delapan persen.

Baca Juga :  PLT GUBERNUR ACEH IR NOVA IRIANSYAH TERKAIT SOAL HUTANG SILAHKAN GUGAT KE PENGADILAN

Apa kuncinya sehingga ekonomi Indonesia cepat pulih?

Ya itu tadi. Ekonomi Indonesia bergantung kepada pasar domestik. Dan ini sangat besar. Lebih besar dari pasar Eropa dan Pasar ASEAN. Pemain kunci industri besar di Indonesia juga engga banyak.

Artinya sekali keran PSBB dibuka jadi normal, pembalikan ekonomi dari slow akan bergerak lagi dengan speed tinggi. Rebound itu adalah pasti adanya. (Aj/Boy A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *