Berita

Bersamaan Dengan Peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW, Perguruan Al-Azhar Medan Bagikan Hadiah Lomba Tahfiz Al-Quran

MEDAN – BERITATERKINI.CO.ID – Perguruan Al-Azhar Medan menggelar perayaan Isra’ dan Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H. Melalui perayaan ini juga disertakan penyerahan hadiah Lomba Tahfiz Al Qur’an Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi yang sebelumnya telah dilakukan dalam rangka menyambut hari peringatan Isra’ dan Mi’raj 1443 H di Perguruan Al Azhar Medan

Kegiatan perayaan ini dilaksanakan pada Sabtu hingga Selasa (5-8/3/2022) yang dipusatkan di
Masjid Ar Rahman Perguruan Perguruan Al Azhar Medan.

Hadir membuka perayaan Isra’ dan Mi’raj Bapak H Machyuzar Nasution selalu Pembina Yayasan Hj Rachmah Nasution yang didampingi oleh Dr Muhammad, M.Pd.I Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru Perguruan Al Azhar Medan dan
Ketua Panitia kegiatan M. Ilham, M.Pd.I.

Perayaan Isra’ dan Mi’raj yang bertemakan “Mewujudkan Generasi Islam yang Cinta Al-Quran” ini menghadirkan penceramah Ustadz H.M Fadli Sudiro MA yang juga Ketua Yayasan Madinatul Qur’an, Ustadz Dr. H. Zamakhsari, MA, dan Bunda Wiwik dari Kampung Dongeng.

Dalam laporannya Ketua Panitia Isra’ dan Mi’raj M. Ilham, MA menjelaskan bahwa pelaksanaan Isra’ dan Mi’raj tahun ini dilaksanakan selama 3 hari, Sabtu, 5 Maret 2022 untuk tingkat SMA, Senin, 7 Maret 2022 untuk tingkat SMP, dan Selasa, 8 Maret 2022 untuk tingkat SLB, TK, dan SD, dengan dihadiri oleh 1500 siswa secara luring dan 1000 siswa secara daring. Perayaan ini juga dihadiri oleh para pemenang Lomba Tahfiz.

“Karena masih dalam keadaan pandemi, perayaan ini mematuhi prokes dengan menghadirkan 50% siswa untuk masing-masing tingkatan dan 50% siswa yang lain tetap mengikuti kegiatan melalui Zoom”, ungkap Ketua Panitia.

Pembina Yayasan Hj. Rachmah Nasution Bapak H. Machyuzar Nasution saat menyampaikan sambutan pembukaan acara menyatakan bahwa Peringatan Isra’ dan Mi’raj ini merupakan kegiatan rutin di Perguruan Al Azhar Medan sebagai media syi’ar Islam dan tahun ini dipilih tema “Mewujudkan Generasi Islam yang Cinta Al Qur’an” sesuai dengan semangat Perguruan Al Azhar Medan mengembangkan Program Tahfiz bagi generasi Islam.

Ketua Lembaga Pengembangan Ilmu Agama Perguruan Al Azhar Medan Ibu Dra. Hj. Nikmah Marpaung, MA menambahkan bahwa dipilihnya tema ini sebagai bentuk dukungan nyata Perguruan Al Azhar Medan dalam mensukseskan Program Tahfiz sehingga benar-benar terwujud generasi Islam yang Cinta Al Qur’an. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah terprogram dibawah pengelolaan LPIA.

Dr. Muhammedi, M.Pd.I selaku Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru Perguruan Al Azhar Medan Tahun Ajaran 2022-2023 menyatakan bahwa Lomba Tahfiz Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Perguruan Al Azhar Medan tahun ini diikuti lebih dari 450 peserta dari 150 Sekolah di Sumatera Utara. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Hj. Rachmah Nasution yang selama ini terus mendukung program Tahfiz di Perguruan Al Azhar Medan dengan target hafalan 5 Juz untuk Tingkat SD, 10 Juz untuk Tingkat SMP, dan 15 Juz untuk Tingkat SMA.

“Dalam lomba Tahfiz tahun ini ada 3 siswa Perguruan Al Azhar Medan yang meraih juara: 1. Aliyya Rahma Munthe siswa SD Al Azhar Medan
2. Athallah Khairul Akram siswa SD Model Al-Azhar Medan
3. Shahia Ghania Rizky Sembiring siswa TK Model Al-Azhar Medan. semoga niat mulia Perguruan Al Azhar Medan dalam menghidupkan program Tahfiz membawa berkah bagi semua”, ungkap Muhammedi.

Dalam kesempatan yang sama H. M. Fadli Sudiro, MA selaku Direktur Yayasan Madinatul Qur’an yang ikut hadir dalam penyerahan hadiah Lomba Tahfiz sangat mengapresiasi Perguruan Al Azhar Medan atas usaha nyata menghidupkan Tahfiz sesuai dengan target beliau 1 house 1 hafiz di Indonesia. Ustadz Fadli Sudiro juga membawa peserta Hafiz Indonesia RCTI Tegar Setiawan, Revan dan Revin penyandang disabilitas yang hafal 30 Juz.

“Semoga dengan kehadiran peserta Hafiz Indonesia RCTI ini dapat menjadi motivasi bagi siswa dan siswi Perguruan Al Azhar Medan untuk semangat menghafal Al-Qur’an”, ungkap Ustadz Fadly yang juga motivator handal ini.

(BM-01)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: