Berita
Trending

Produk UMKM Indonesia Dibantu Anjungan Nusantara Kuala Lumpur Berpameran di Malaysia

DENPASAR, beritaterkini.co.id | Pelaku UMKM Indonesia mendapatkan kabar gembira, khususnya bagi pelaku UMKM yang sekian tahun sudah berjuang dalam memproses, menyempurnakan hingga melakukan evaluasi produknya secara terus menerus dan berharap produknya bisa Go Internasional.

Kini impian itu bisa terwujud, karena Anjungan Nusantara Kuala Lumpur akan resmi dibuka per 1 Desember 2023.

Sama seperti Anjungan Nusantara yang ada di Indonesia, perwujudannya adalah sebuah toko retail yang sejak 2016 membantu UMKM Indonesia dalam mendistribusikan produk-produk UMKM, mulai dari makanan, minuman kemasan hingga batik dan fesyen maupun aksesoris.

Anjungan Nusantara sempat Hits di beberapa kota Indonesia sebut saja Kota Batu, Surabaya, Semarang, Makassar dan Jogjakarta hingga terpaksa ditutup sementara, akibat pandemi covid-19 yang melanda dunia sejak 2020 – 2023 awal, ketika akhirnya dunia sepakat menjadikan pandemi Covid-19 sudah selesai.

Anjungan Nusantara Kuala Lumpur ini akan hadir sebagai yang pertama di luar negeri dan tidak tanggung tanggung, Anjungan Nusantara Kuala Lumpur akan berada di lokasi yang paling strategis dan bergengsi di Malaysia, yaitu di Bukit Bintang, tepatnya di Fahrenheit88 Mall Lantai 1 Lot 21.

Kurasi sudah dilakukan sejak Januari hingga Oktober 2023 dari berbagai UMKM Indonesia khususnya produk-produk yang dianggap mampu mewakili Indonesia di Internasional. Beberapa produk yang sudah masuk dalam kurasi adalah Els Collections (Busana Muslim), Cottonprint (Mukenah), Princess Batique (Batik Banyuwangi), RR Collections (Papua Barat).

Kurasi terakhir akan dilakukan bertepatan dengan kegiatan Pesona Indonesia Expo Jawa Timur pada tanggal 8-12 November 2023 di Kota Surabaya.

Selanjutnya, semua produk terpilih akan segera dibawa untuk proses fitting di lokasi Anjungan Nusantara Kuala Lumpur.

“Anjungan Nusantara sebagaimana fungsi awalnya adalah program perbantuan untuk memberikan ruang bagi UMKM Indonesia sehingga produk-produknya boleh dikenal lebih luas di masyarakat. Sejak awal seringkali dikenal sebagai toko oleh-oleh,” kata Paul Pieter selaku Direktur Anjungan Nusantara Indonesia yang juga adalah seorang desainer senior dari Surabaya.

Berbeda dengan kurasi-kurasi yang diadakan sebelum-sebelumnya yang juga direncanakan untuk Go Internasional, sering sekali teejadi bahwa kurasi sudah dilakukan, pameran juga diadakan namun tidak ada distributor internasional yang bersedia menampung produk Indonesia yang padahal dari sisi kualitasnya bagus dan kuantitas juga mampu memenuhi permintaan pasar.

Itulah, maka Anjungan Nusantara ini hadir dengan motto “Dari Indonesia untuk Dunia,” sambung Sukanti Swastikawati, seorang promotor Pameran Internasional dan Presiden Direktur dari Pelita MICE Indonesia dalam siaran persnya, Minggu, 29 Oktober 2023.

Anjungan Nusantara Malaysia akan digawangi oleh Rekanan Malaysia yaitu Mr. Vikram sebagai Direktur Utama, yang juga menjabat sebagai Vice President Pelita MICE Malaysia, yaitu sebuah organisasi yang sering sekali membawa anak-anak Indonesia untuk menampilkan tarian dan budaya di Malaysia bersama dengan Evita Mirnasari, seorang warganegara Indonesia yang sukses sebagai desainer di negeri jiran dan juga Presiden Direktur dari Pelita MICE Malaysia.

“Anjungan Nusantara adalah program CSR untuk mewadahi UMKM Indonesia agar dapat berpameran di Malaysia,” kata Evita Mirnasari.

Diharapkan, keberadaan Anjungan Nusantara di Malaysia tidak hanya di Kuala Lumpur saja, namun juga akan terus berkembang ke Melaka, Johor Bahru, Penang dan berbagai wilayah lain di Malaysia, pungkas Vikram.

Untuk info pendaftaran silahkan hubungi akun Instagram @pelitamice.indonesia, @pelitamice.malaysia, @anjungannusantara. (red).

Related Articles

4 Comments

  1. My spouse and i felt absolutely glad when Edward managed to complete his web research from your precious recommendations he received in your site. It’s not at all simplistic to simply find yourself releasing things that many the others could have been selling. We keep in mind we now have the blog owner to be grateful to because of that. The main explanations you have made, the straightforward blog menu, the friendships you will give support to promote – it’s got most astonishing, and it’s really facilitating our son and the family know that this issue is cool, and that’s rather pressing. Thank you for all the pieces!

  2. I¦ve read several good stuff here. Definitely value bookmarking for revisiting. I wonder how much attempt you put to make the sort of magnificent informative web site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: