JAKARTABERITATERKINI.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa informasi yang mengatakan Indonesia akan dilanda kekeringan selama tiga tahun adalah hoaks atau bohong.

“BMKG pastikan isu global warming 2019-2020 adalah hoax,” tegas BMKG, seperti dikutip dari akun Twitter resminya, Selasa (19/11/2019).

Informasi tersebut dianggap bisa meresahkan masyarakat. Sehingga BMKG berkewajiban untuk memberikan informasi yang benar.

Baca Juga :  Lina Mantan Istri Sule Sempat Menyusui Sang Bayi Sebelum Pingsan dan Meninggal

Selain itu, BMKG menjelaskan bahwa isu hoax tersebut juga mengaitkan kekeringan panjang yang akan terjadi juga meningkatkan potensi El Nino pada tahun 2020. Informasi tersebut dianggap dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Oleh karena itu, BMKG pun menjelaskan beberapa hal.

Salah satunya yaitu El Nino yang telah dinyatakan berakhir pada Juli lalu. Hal tersebut menandakan pada tahun 2020 diperkirakan tidak ada potensi anomali iklim yang berdampak pada curah hujan di wilayah Indonesia.

Baca Juga :  Kasus Suap Proyek Kementerian PUPR, KPK Cecar Wagub Lampung Soal Aliran Uang Haram

“Curah hujan (pada 2020) akan cenderung sama dengan pola iklim normal (klimatologisnya). Saat ini di Bulan November 2019, sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan,” jelas BMKG.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here